Analisis SWOT Sebagai Perencanaan Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Kabasiran, Parung Panjang, Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3601Keywords:
Analisis SWOT, Desa Wisata, Pariwisata Berbasis Komunitas.Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis peran dan potensi perusahaan, masyarakat, serta stakeholder lainnya dalam mengembangkan Desa Wisata serta merekomendasikan rencana dan strategi pengelolaan Desa Wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi riset aksi partisipatif. Diharapkan setelah pelatihan ini diperoleh gambaran tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat serta rekomendasi strategi pengembangan dan pengelolaan Desa Wisata. Dari hasil Analisis SWOT yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe perlu menerapkan strategi diversifikasi, karena berada dalam wilayah kekuatan dan ancaman. Diversifikasi harus dilakukan sebanyak mungkin, agar konsep pengembangan wisata ini bisa dikenal di masyarakat. Perlu adanya pembuatan edukasi, tempat wisata yang nyaman, dan produk olahan cabe yang unik.References
Affandi, Agus,. Et.al (2014). Modul Participatory Action Research (PAR) Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing). Surabaya. LPPM UIN Sunan Ampel.
Alam (2006). Ekonomi Untuk SMA dan MA. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta
https://bogorkab.bps.go.id Statistik Daerah Kecamatan Parung Panjang 2016. BPS Kabupaten Bogor 2016
Istiqomah, dan Andriyanto, Irsad. 2017. “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus)†Bisnis, Vol. 5 No. 2 Desember.
Marimin. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan keputusan Kriteria Majemuk, Grasindo, Jakarta.
Picard, Michel. (2006). Bali: Pariwisata Budaya dan Budaya Pariwisata, Kepustakaan Pupuler Gramedia, Jakarta.
Prastiwi, Susmita. Meirinawati, (2016). “Manajemen Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Dalam Mengembangkan Potensi Objek Wisata Edukasi Little Teksas Wonocoloâ€. Publika Vol 4 No. 11
Rangkuti, Fredy. 2004. Analisis SWOT Teknik membedah Kasus Bisnis, PT. Gradia, Jakarta.
Simanjuntak, Truman., Handini, Reton,. Riyanto, Sugeng. (2016) Karawang Dalam Lintasan Peradaban Pusat Jakarta.Penelitian Arkeologi Nasional
Sucahyowati, Hari. (2017). Pengantar Manajemen. Wilis
Sulistyadi, Yohanes; Eddyono, Fauziah, dan Entas, Derinta. (2019). Pariwisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pariwisata Budaya di Taman Hutan Raya Banten, Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo.
Tomal, Daniel. (2010) Action Research for Educator. United Kingdom. Rowman and Littlefield Education
Thomson. 2007. Pengantar Bisnis: Kontemporer, Edisi 11. 2007.
Ulung, Gagas. (2009). Liburan Murah Meriah di Jogja, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yoeti, Oka A. (2002). Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi, dan Aplikasi, Kompas, Jakarta.
Zebua, Manhati, (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata Daerah, Deepublish, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.