Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Herbal Di Pondok Aren, Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3603Keywords:
Penetapan Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Grosir Herbal di Pondok Aren-Tangerang Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang ada sebanyak 518 orang, maka peneliti menggunakan rumus slovin untuk menentukan sampel, dengan nilai e=0,1 maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 orang. Sampel yang diambil berdasarkan teknik sampel acak.Pengumpulan data dengan cara observasi dan penyebaran angket kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validias, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi pearson (r), analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (uji t).
Hasil analisis didapat bahwa harga dan keputusan pembelian mendapat respon yang baik dari pelanggan dan perhitungan regresi linier sederhana pada variabel Penetapan Harga (X) dan Keputusan Pembelian(Y) diperoleh hasil Y= 24,86 + 0,393X yang artinya hubungan positif antara Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai regresi sebesar 0,393. Nilai koefisien korelasi (r) diperoleh rsebesar 0,503, maka apabila dilihat dari tabel interpretasi koefisien korelasi masuk pada interval 0,40 – 0,599 dengan tingkat hubungan sedang . Kontribusi variabel X Penetapan Harga terhadap Variabel Y Keputusan Pembelian adalah sebesar 25,30% sedangkan sisanya sebesar 74.70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung diperoleh : t hitung >t tabel yaitu 5,20>1,99 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Grosir Herbal di Pondok Aren-Tangerang Selatan.
References
Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Alma, Buchori. 2014. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kotler, Philip dan Kevin Keller Lane. 2018. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2014. Principle of Marketing ,15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2016. Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.
Mursid. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sarwono, Jonathan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stoner, A.F. 2014.Manajemen. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Supangat, Andi. 2010. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Intferensi, dan Nonparametik. Jakarta: Kencana.
Swastha, Bashu dan Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Cetakan Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Terry, George R. 2010. Dasar - Dasar Manajemen Cetakan kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.