Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Herbal Di Pondok Aren, Tangerang Selatan

Authors

  • Agung Tri Putranto Universitas Pamulang
  • Heni Rusmiati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3603

Keywords:

Penetapan Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Grosir Herbal di Pondok Aren-Tangerang Selatan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang ada sebanyak 518 orang, maka peneliti menggunakan rumus slovin untuk menentukan sampel, dengan nilai e=0,1 maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 orang. Sampel yang diambil berdasarkan teknik sampel acak.Pengumpulan data dengan cara observasi dan penyebaran angket kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validias, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi pearson (r), analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (uji t).

Hasil analisis didapat bahwa harga dan keputusan pembelian mendapat respon yang baik dari pelanggan dan perhitungan regresi linier sederhana pada variabel Penetapan Harga (X) dan Keputusan Pembelian(Y) diperoleh hasil Y= 24,86 + 0,393X  yang artinya  hubungan positif antara Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai regresi sebesar 0,393. Nilai koefisien korelasi (r) diperoleh rsebesar 0,503, maka apabila dilihat dari tabel interpretasi koefisien korelasi masuk pada interval 0,40 – 0,599 dengan tingkat hubungan sedang . Kontribusi variabel X Penetapan Harga terhadap Variabel Y Keputusan Pembelian adalah sebesar 25,30%  sedangkan sisanya sebesar 74.70% dipengaruhi oleh faktor lain yang  tidak diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung diperoleh : t hitung  >t tabel  yaitu 5,20>1,99 yang  artinya bahwa  Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada  Toko Grosir Herbal di Pondok Aren-Tangerang Selatan.

References

Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Alma, Buchori. 2014. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Kevin Keller Lane. 2018. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2014. Principle of Marketing ,15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2016. Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

Mursid. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sarwono, Jonathan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stoner, A.F. 2014.Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supangat, Andi. 2010. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Intferensi, dan Nonparametik. Jakarta: Kencana.

Swastha, Bashu dan Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Cetakan Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Terry, George R. 2010. Dasar - Dasar Manajemen Cetakan kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2018-10-01