Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi

Authors

  • Dewi Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3605

Keywords:

Citra Merek, Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra merek yang terdapat di Universitas Pamulang, sehingga mampu mempengaruhi mahasiswa memilih Universitas Pamulang.
Metode yang terdapat pada penelitian ini, peneliti menggunakan phenomenological method. Dalam pengumpulan data di penilitian ini peneliti menggunakan metode snowball sampling.
Brand Image atau citra merek yang selama ini berusaha disampaikan kepada masyarakat luas sudah berhasil diterima. Seperti ketika masyarakat khususnya mahasiswa mendengar kata “Unpam†maka mereka langsung mengingat bahwa Universitas Pamulang merupakan Perguruan Tinggi memiliki harga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat, memiliki fasilitas yang sangat baik seperti gedung yang besar, dan memiliki kualitas yang baik.Brand image dalam pengambilan keputusan mahasiswa memilih kampus sangat dipertimbangkan oleh mahasiswa, mereka memilih Perguruan Tinggi ini karena mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan selama berkuliah, mereka melihat gedung yang sangat besar, dan mendengar rekomendasi dari teman – teman mereka bahwa Universitas Pamulang merupakan kampus yang berkualitas dibuktikan dengan saat ini memiliki Akreditas B pada program studi Manajemen S1.

References

Akbar, Adam, 2012, Vol, 12, No, 2, Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba, Universitas Gunadarma, Depok

Alma, Buchori. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Creswell, J.W, 2016, Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran), Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Darsono, 2018, Kepemimpinan Dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Yang Terjangkau Oleh Masyarakat Marginal : Refleksi Kritis Perkembangan Universitas Pamulang, Orasi Ilmiah, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Desy, Elfitra., 2016, Vol. 2 No.1., Pengaruh Brand Image,Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi) Universitas Pancabudi.

David, Fred R, 2006, Manajemen Strategi, Buku 1, Edisi Kesepuluh, Salemba Empat, Jakarta.

Effendi, Usman, 2011, Asas Manajemen, PT Rajagrafindo Pesada, Depok.

Fandy, Tjiptono, Ph.D & Gregorius, 2012, Pemasaran Stratejik, Edisi 2, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono, Ph.D, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi 4. CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Freddy, Rangkuti, 2006, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasan, Ali, 2009, Marketing, Medpress, Jogjakarta.

Kaelan, 2005, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, Yogyakarta, Paradigma.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 200, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong, 2014, Principle Of Marketing, 15th edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education Inc.

Lubis, Desy Irana Dewi, Rahmat Hidayat, 2017, Vol.5, No.1, pp, 15-24, Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Medan.

Lutiary Eka Ratri, 2001, Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Selular dengan Loyalitas Merek (Brand Loyality) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Selular di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponogoro Semarang, Fakultas Psikolog Undip, Semarang.

Manooij, Marieke K. De, 2010, 3rd Edition, Global Marketing and Advertising Understanding Curtural Paradoexes, Sage, California.

Miles, B Mathew A. Michael Hiberman, 1992, Analisa Data Kualitatif (Terjemahan Teecep Rohendi) Jakarta, UI Press.

Moleong, Lexy, 2006, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, 2007, Metoddologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Offset, Bandung.

Mulyatiningsih, Rudi, dkk, 2004, Bimbingan Pribadi – Sosial Belajar dan Karier, Grasindo, Jakarta.

Nasution, 2003, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung, Tarsito.

Nurdiani, Nina, 2014, Vol 5, No.2, Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan, Architecture Department, Faculty of Engineering, BINUS University

Pramudyo, Anung, 2012, Vol 1, No.1, Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening, Akademi Manajemen Administrasi (AMA) “YPKâ€, Yogyakarta.

Raco, 2010, Metode Penelitian Kualitaif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Rahman, Abdul, 2010, Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan, Nuansa, Bandung.

Retnoningsih, Endang, 2015, Vol.III No.1, Pengaruh Top Bramd Image BSI Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Akademisi BSI, Komplek BSD.

Roslina, 2010, Citra Merek dan Dimensinya, Jurnal bisnis dan manajemen, Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, Lampung.

Saladin, Djaslim, 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan Unsur – Unsur Pemasaran, CV Linda Karya, Bandung.

Setiadi, Nugroho J, 2003, Perilaku Konsumen, Kencana, Jakarta.

Singh, Anurag, dan Punita Duhan, 2016, Managing Public Relations and Brand Image Through Social Media, Bussines Science Reference (an immprint of IGI Global), USA.

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan kelima, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta, CV Alfabeta.

Surakhmad, Winarno, 2009, Pendidikan Nasional Strategi dan Tragedi, Kompas, Jakarta.

Suyanto, Bagong dan Sutinah, 2005, Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Terry, George R, 2006, Prinsip – Prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2019-10-01