Analisis Startegi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan Green Serpong Bintaro

Authors

  • Siti Apriliani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3619

Keywords:

Strategi Promosi, Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kondisi penjualan Perumahan Green Serpong Bintaro serta untuk mengetahui strategi pomosi yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan rumah di perumahan Green Serpong Bintaro.

Responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang meliputi Project Manajer, Sales, Marketing (desain promosi), admin/kasier, dan penghuni perumahan Green Serpong Bintaro. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pada kondisi lingkungan internal (IFAS) dengan indikator kekuatan (strength) sebesar 3,62 dikurangi dengan indikator kelemahan (weakness) sebesar -2,38 menghasilkan grand total sebesar 1,24 bernilai positif. Pada aspek eksternal (EFAS) dengan rincian indikator peluang (opportunity) sebesar 3,65 dikurangi dengan indikator ancaman (threat) sebesar -2,27 menghasilkan nilai grand total 1,38 bernilai positif. Kedua kondisi baik internal maupun eksternal keduanya bernilai positif yang berarti bahawa posisi strategi promosi Perumahan Green Serpong Bintaro berada pada kondisi prospektif (kuadran I) dari Matrik Kondisi. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada kondisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelamahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. (2) Hasil dari skoring analisis SWOT menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I (prospektif) yang berarti strategi yang dijalankan adalah dengan menggunakan strategi S-O (Strength-Opportunity) yaitu: Menjalin hubungan baik dengan marketing KPR dan vendor/Supllier, Mengoptimalkan program pemasran secara langsung atau tidak langsung, Memaksimalkan promosi kepada captive market, Banyak mencari informasi mengenai bunga KPR dari Bank yang berbeda, Menjaga kelestarian lingkungan dan fasilitas perumahan

References

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasaâ€, Edisi Revisi, Cetak Keempat. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, Assegaf. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Aker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi, Edisi ke delapan. Jakarta: Salemba Empat.

Ariyanti, Tria. 2014. Analisis Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di Bandung. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2010. Metodologi penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Erlangga.

Fred, R. David. 2009. Strategic Management Concept Cases. Jakarta: Salemba Empat.

Ichwanda, Fitriyah Inayah, dkk. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, Vol. 24 No.1 2015, hal 1-9.

Kotler & Armstrong. 2006. Prinsip-prinsipPemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran Edisi keduabelas. Jilid 2. Jakarta: PT Erlangga.

Kotler, Philip. And K. L. Keller. 2012. Marketing Manajemen. Edisi kedua belas jilid 1. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. And K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga belas, terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, et al. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia: Buku 3. Yogyakarta: Andi.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: (Pendekatan Praktis). Yogyakarta: Graham Ilmu.

Rangkuti, F. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran-Bauran Promosi, Edisi Revisi Ekonomi, Edisi I. Yogyakarta. BPFE.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2013. Metode Penjualan (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto. 2014. Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sutanto. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2002. Pengantar Bisnis Moder, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Syamsu, Aria K. 2014. Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Studi kasus pada Dealer Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti Bululawang. (Skripsi) di www.e-jurnal.com Tangerang, diunduh pada 18 April 2016.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ke-enam. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-10-01