Analisis Startegi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan Green Serpong Bintaro
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3619Keywords:
Strategi Promosi, PenjualanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kondisi penjualan Perumahan Green Serpong Bintaro serta untuk mengetahui strategi pomosi yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan rumah di perumahan Green Serpong Bintaro.
Responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yang meliputi Project Manajer, Sales, Marketing (desain promosi), admin/kasier, dan penghuni perumahan Green Serpong Bintaro. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pada kondisi lingkungan internal (IFAS) dengan indikator kekuatan (strength) sebesar 3,62 dikurangi dengan indikator kelemahan (weakness) sebesar -2,38 menghasilkan grand total sebesar 1,24 bernilai positif. Pada aspek eksternal (EFAS) dengan rincian indikator peluang (opportunity) sebesar 3,65 dikurangi dengan indikator ancaman (threat) sebesar -2,27 menghasilkan nilai grand total 1,38 bernilai positif. Kedua kondisi baik internal maupun eksternal keduanya bernilai positif yang berarti bahawa posisi strategi promosi Perumahan Green Serpong Bintaro berada pada kondisi prospektif (kuadran I) dari Matrik Kondisi. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada kondisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelamahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. (2) Hasil dari skoring analisis SWOT menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I (prospektif) yang berarti strategi yang dijalankan adalah dengan menggunakan strategi S-O (Strength-Opportunity) yaitu: Menjalin hubungan baik dengan marketing KPR dan vendor/Supllier, Mengoptimalkan program pemasran secara langsung atau tidak langsung, Memaksimalkan promosi kepada captive market, Banyak mencari informasi mengenai bunga KPR dari Bank yang berbeda, Menjaga kelestarian lingkungan dan fasilitas perumahanReferences
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasaâ€, Edisi Revisi, Cetak Keempat. Bandung: Alfabeta.
Abdullah, Assegaf. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Aker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi, Edisi ke delapan. Jakarta: Salemba Empat.
Ariyanti, Tria. 2014. Analisis Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di Bandung. Bandung: Alfabeta.
Emzir. 2010. Metodologi penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Erlangga.
Fred, R. David. 2009. Strategic Management Concept Cases. Jakarta: Salemba Empat.
Ichwanda, Fitriyah Inayah, dkk. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, Vol. 24 No.1 2015, hal 1-9.
Kotler & Armstrong. 2006. Prinsip-prinsipPemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran Edisi keduabelas. Jilid 2. Jakarta: PT Erlangga.
Kotler, Philip. And K. L. Keller. 2012. Marketing Manajemen. Edisi kedua belas jilid 1. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip. And K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga belas, terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, et al. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia: Buku 3. Yogyakarta: Andi.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: (Pendekatan Praktis). Yogyakarta: Graham Ilmu.
Rangkuti, F. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran-Bauran Promosi, Edisi Revisi Ekonomi, Edisi I. Yogyakarta. BPFE.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2013. Metode Penjualan (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartanto. 2014. Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Sutanto. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2002. Pengantar Bisnis Moder, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.
Syamsu, Aria K. 2014. Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Studi kasus pada Dealer Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti Bululawang. (Skripsi) di www.e-jurnal.com Tangerang, diunduh pada 18 April 2016.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ke-enam. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.