Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Umum Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Danamon Tbk. Kantor Cabang Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3620Keywords:
Strategi Pemasaran, Pelayanan Umum, Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Danamon Tbk kantor cabang Tangerang Selatan, untuk mengetahui pengaruh pelayanan umum terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Danamon Tbk kantor Cabang Tangerang Selatan, untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan pelayanan umum terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Danamon Tbk. kantor cabang Tangerang Seatan.
Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan metode kuantitatif, Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner langsung kepada responden sebanyak 105 responden yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan populasi sebanyak 1.800.000 nasabah PT. Bank Danamon Tbk. kantor cabang Tangerang Selatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah, dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 5.147 > 1.982, pengaruh pelayanan umum terhadap kepuasan nasabah, terbukti nilai thitung > Ttabel yaitu 6.091 > 1.982. Pengaruh strategi pemasaran dan pelayanan umum terhadap kepuasan nasabah, terbukti nilai Fhitung > Ftabel yaitu 449.727 > 2.69, dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan maka Strategi Pemasaran (X1) dan Pelayanan Umum (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.896.
References
Arief Muhammad. 2010. “Pengantar Metodologi penelitian untuk ilmu kesehatanâ€. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.
Assauri, Sofjan. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta: Rajawali Pers.
Azwar, S. 2005. “Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannyaâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Erlina, Sri Mulyani. 2007. “Metodologi Penelitian Bisnis, Untuk Akuntansi dan Manajemenâ€. Medan: USU Press.
Ghozali, Imam. 2007. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan (Program SPSS)â€. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya manusiaâ€. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Husein, Umar. 2011. “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnisâ€. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Irma Fest, Nita Riski. 2016. “Analisis Swot Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Pada BMT Hasanah Jabungâ€. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. “Principles of Marketingâ€. New Jersey: Prentice Hall.
Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. “Pemasaran Jasa Perspektifâ€. Jakarta: Erlangga.
Majid, .Suharto Abdul. 2011. “Customer Service dalam Bisnis Jasa Transfortasiâ€. Jakarta: Rajawali Pers.
Nursalam. 2013. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatanâ€. Jakarta: Salemba Medika.
R. Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. “Dasar-Dasar Manajemenâ€. Jakarta: Bumi Aksara.
Rangkuti, Freddy. 2014. “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnisâ€. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2013. “Manajemen Pelayananâ€. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
__________. 2015. “Manajemen Pelayananâ€. Yogyakarata: Pusataka Pelajar.
Riduwan dan Sunarto. 2013. “Pengantar Statistika, Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnisâ€. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. 2009. “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerjaâ€. Bandung: CV. Mandar Maju.
__________. 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipilâ€. Bandung; PT Refka Aditama.
Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Afabeta.
__________. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
__________. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
__________. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2006. “Metode Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: Graha Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2010. “Strategi Pemasaranâ€. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.