Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Penempatan Produk Terhadap Kesadaran Merek Grab di Acara Indonesian Idol 2018

Authors

  • Ade Onny Siagian Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3621

Keywords:

Penempatan Produk, Kesadaran Merek, Niat Membeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penempatan produk berpengaruh positif terhadap kesadaran merek, apakah penempatan produk berpengaruh positif terhadap niat beli dan apakah kesadaran merek berpengaruh positif terhadap nniat beli di Acara Indonesian Idol 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner online. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan ditujukan pada responden yang pernah menonton Indonesian Idol 2018. Penelitian ini terdiri dari 154 responden. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua hipotesis yang didukung dan satu hipotesis yang tidak didukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari penempatan produk dan kesadaran merek, tidak ada pengaruh positif dari penempatan dan niat beli produk, dan ada pengaruh positif dari kesadaran merek dan niat beli.

References

Belch, G., & Belch, M. (2015). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. (10th ed.). Singapore: McGraw-Hill Education.

Bernie, M. (2017). Riset Nielsen: Iklan yang “Menyusup†di program TV makin banyak. Retrieved September 11, 2018, from https://tirto.id/riset-nielsen-iklan-yang-menyusupdi-program-tv-makin-banyak-cAvd

Bian, Q., & Forsythe, S. (2012). Purchase intention for luxury brands: A cross cultural comparison. Journal of Business Research, 65(10), 1443–1451. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.010

Buil, I., de Chernatony, L., & Martínez, E. (2013). Examining the role of advertising and sales promotions in brand equity creation. Journal of Business Research, 66(1), 115–122. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.07.030 Chen

Darandono. (2017). RCTI Gandeng Grab Gelar Indonesia Idol Sesson 9. Retrieved September 11, 2018, from https://swa.co.id/swa/trends/marketing/rcti-gandeng-grab-gelarindonesia-idol-sesson-9

Dharamdasani, D., & Sharma, M. (2017). Impact of brand related attributes on consumer’s purchase intention towards private label apparels brands: A study about the consumers of Ahmedabad. International Journal of Engineering and Management Research, 7(1), 297–303. Retrieved from http://www.ijemr.net/DOC/ImpactofBrandRelatedAttributesonConsumersPurchaseInten tionTowardsPrivateLabelApparelsBrandsAStudyAbouttheConsumersofAhmedabad.PDF

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least square: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kristanto, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2016). Pengaruh product placement pada film Indonesia terhadap brand awareness dan purchase intention masyarakat Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 20–26. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.20-26

Lehu, J.-M., & Bressoud, É. (2009). Recall of brand placement in movies: Interactions between prominence and plot connection in real conditions of exposure. Recherche et Applications En Marketing, 24(1), 7–26. https://doi.org/10.1177/205157070902400102

Matthes, J., & Naderer, B. (2016). Product placement disclosures: Exploring the moderating effect of placement frequency on brand responses via persuasion knowledge. International Journal of Advertising, 35(2), 185–199. https://doi.org/10.1080/02650487.2015.1071947

Muzellec, L. (2016). James Bond, Dunder Mifflin, and the future of product placement. Retrieved October 10, 2018, from https://hbr.org/2016/06/james-bond-dunder-mifflinand-the-future-of-product-placement

Ouwersloot, H., & Duncan, T. (2008). Integrated marketing communications (European). London: McGraw-Hill Education.

Pratiwi, R. (2017). Perbedaan cara berpikir perempuan dan laki-laki. Retrieved October 20, 2018, from https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/perbedaan-cara-berpikirperempuan-dan-laki-laki/

Purnomo, Z. V. (2015). Product placement: Film, program televisi, video games atau musik? Jurnal Studi Manajemen, 9(1), 100–114. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/1417

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.

Widyastuti, R. A. Y. (2018). Nielsen: Belanja iklan nasional semester I tembus Rp 75,1 T. Retrieved October 9, 2018, from https://bisnis.tempo.co/read/1116495/nielsen-belanjaiklan-nasional-semester-i-tembus-rp-751-t/full&view=ok

Zulganef, & Ramadhika, A. (2014). Analisis efek product placement dan brand awareness. Economics & Busine

ss Research Festival, 3, 372–385.

Downloads

Published

2019-10-01