Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMKS Pelita Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i2.36836Keywords:
Brand image, Distribusi, Promosi, Strategi pemasaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam jasa Pendidikan Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan Angket kepada Orang Tua siswa dari setiap jurusan yang tersedia, Hasil penelitian berdasarkan 3 indikator: 1) Brand Image, 2) Promosi, 3) Distribusi. Berdasarkan hasil strategi pemasaran jasa pendidkan SMKS Pelita Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat dari 4 Jurusan yang tersedia yaitu Bisnis Daring dan pemasaran ( BDP ), Manajemen Perkantoran dan Lembaga bisnis ( MPLB ) , Akuntansi dan keuangan Lembaga ( AKL ), dan Kuliner Mendaatkan hasil untuk indikator yang digunakan yaitu indikator brand image dengan perolehan rata-rata 78.10%. , indikator promosi mendapatkan rata-rata perolehan 75.58 %., dan pada indikator distribusi dengan rata-rata perolehan yaitu 74,73 %, sehingga berdasarkan perolehan nilai rata – rata dari ketiga indikator tesebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran jasa Pendidikan SMK Pelita Ciampea tergolong cukup baik, serta dari ketiga indikator tersebut perbedaan hasil rata-ratanya tidak jauh signifikan.
References
Amirin, T. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4 ukuran sampel rumus slovin. Jakarta: Erlangga.
Arif Kurniawan, F. A. (2021, Maret). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1
SUMATERA BARAT. Applied Science in civil enginering, 1.
Haq, A. R. (2023). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Retrieved from academia.edu:
https://www.academia.edu/34902604/UNDANG_UNDANG_REPUBLIK_INDONESIA_NOMO
R_20_TAHUN_2003_TENTANG_SISTEM_PENDIDIKAN_NASIONAL
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran perspektif Asia Buku dua edisi pertama. Yogyakarta: Andi.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - prinsip pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi 12 Jakarta Erlangga.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, p., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat:.
Sopiyan, R. (2019). Pembiasaan Karakter Peserta Didik Melalui Hidden Curriculum (Studi Di Smk Pelita
Ciampea). Jakarta: Jurusn Pendidikan Agama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Islam
Universita Islma Negri Syarif Hidayatullah .
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi . Yogyakarta: Andy Offset.
Tofaynudin, J. I. (2021). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing. Jember:
Lembaga Pendidikan. Program Studi Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Universitas
Al Falah Assunniyyah Kencong Jember.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Universitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.