Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMKS Pelita Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat

Authors

  • Diding Tri Rosyanto Universitas Pamulang
  • Ambarwati Suharto Universitas Pamulang
  • Mardani Mardani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i2.36836

Keywords:

Brand image, Distribusi, Promosi, Strategi pemasaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran  dan mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam jasa Pendidikan  Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan Angket kepada Orang Tua siswa dari setiap jurusan yang tersedia, Hasil penelitian berdasarkan 3 indikator: 1) Brand Image, 2) Promosi, 3) Distribusi. Berdasarkan hasil strategi pemasaran jasa pendidkan   SMKS Pelita Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat dari 4 Jurusan yang tersedia yaitu Bisnis Daring dan pemasaran ( BDP ), Manajemen Perkantoran dan Lembaga bisnis ( MPLB ) , Akuntansi dan keuangan Lembaga ( AKL ), dan Kuliner Mendaatkan hasil  untuk indikator yang digunakan yaitu indikator brand image dengan perolehan rata-rata 78.10%. ,  indikator promosi mendapatkan  rata-rata  perolehan 75.58 %., dan pada indikator distribusi dengan rata-rata perolehan yaitu 74,73 %, sehingga berdasarkan perolehan nilai rata – rata dari ketiga indikator tesebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran jasa Pendidikan SMK Pelita Ciampea tergolong cukup baik, serta dari ketiga indikator tersebut perbedaan hasil rata-ratanya tidak jauh signifikan.



Author Biographies

Diding Tri Rosyanto, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Ambarwati Suharto, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

Mardani Mardani, Universitas Pamulang

Program Studi Magister Manajemen

References

Amirin, T. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4 ukuran sampel rumus slovin. Jakarta: Erlangga.

Arif Kurniawan, F. A. (2021, Maret). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1

SUMATERA BARAT. Applied Science in civil enginering, 1.

Haq, A. R. (2023). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG

SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Retrieved from academia.edu:

https://www.academia.edu/34902604/UNDANG_UNDANG_REPUBLIK_INDONESIA_NOMO

R_20_TAHUN_2003_TENTANG_SISTEM_PENDIDIKAN_NASIONAL

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran perspektif Asia Buku dua edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - prinsip pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi 12 Jakarta Erlangga.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, p., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat:.

Sopiyan, R. (2019). Pembiasaan Karakter Peserta Didik Melalui Hidden Curriculum (Studi Di Smk Pelita

Ciampea). Jakarta: Jurusn Pendidikan Agama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Islam

Universita Islma Negri Syarif Hidayatullah .

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi . Yogyakarta: Andy Offset.

Tofaynudin, J. I. (2021). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing. Jember:

Lembaga Pendidikan. Program Studi Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Universitas

Al Falah Assunniyyah Kencong Jember.

Downloads

Published

2024-03-12