Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm

Authors

  • Sulistiyani Sulistiyani Universitas Pamulang
  • Aditya Pratama universitas negeri jakarta
  • Setiyanto Setiyanto universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Keywords:

Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai peran penting bagi UMKM. Peran penting dari strategi pemasaran yang tepat akan mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan UMKM. Dalam upaya menuyusun strategi pemasaran dibutuhkan informasi yang lengkap berkaitan dengan pasar, konsumen maupun produk yang dibutuhkan. Tidak adanya informasi yang mendukung dalam penentuan strategi pemasaran tentu saja membuat UMKM sulit bersaing.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM. Metode analisis: menggunakan pendekatan dekriptif dengan metode kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah, Wilayah pemasaran produk yang dipilih pada industri keripik pisang Tunas Metro adalah wilayah Metro dan sekitarnya Hal ini disebabkan keterbatasan modal yang dimiliki home industri kripik pisang tunas. strategi pemasaran yang dilakukan oleh home industri kripik hanya dengan kedekatan personal maupun penjualan yang ada di toko saja. Minimnya kemampuan pemahaman dan pengelolaan dari segi digital atau e-commarace yang membuat pemilik belum memanfaatkan media yang ada secara optimal.  Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan pada UKM keripik pisang tunas Metro, maka beberapa strategi telah dirumuskan dalam upaya meningkatkan daya saing diantaranya sebagai berikut; Mempertahankan harga  dan kualitas produk untuk meningkatkan loyalitas konsumen; Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk memperluas wilayah pemasaran; Meningkatkan jumlah produksi menjelang musim kemarau; Menjaga kualitas produk; merubah desain kemasan supaya lebih menarik konsumen; Memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana promosi; Meningkatan modal usaha untuk memperluas wilayah pemasaran dan menambah jumlah produksi; Melakukan perluasan wilayah pemasaran dan melakukan promosi untuk menarik konsumen.

References

Asmara, A. Y., & Rahayu, S. (2013). Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah Melalui Inovasi Dan Pemanfaatan Jaringan Sosial: Pembelajaran Dari Klaster Industri Software Di India. Seminar Nasional & Call For Papers (Sca-3), (2005). Retrieved From Http://Jp.Feb.Unsoed.Ac.Id/Index.Php/Sca-1/Article/Viewfile/254/259

BPS.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwik64zD0uDhAhXPbX0KHWlmB3cQFjACegQIARAC&url=http%3A%2F%2Fwww.turc.or.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F06%2FBPS_Berita-Resmi-Statsitik_Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Februari-2018.pdf&usg=AOvVaw3efDJPxg_hVQJxITgE1u9E

Kemenperin. http://www.kemenperin.go.id/artikel/14200/Kontribusi-UMKM-Naik

Liputan 6. Com. 2018. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3581067/umkm-sumbang-60-persen-ke-pertumbuhan-ekonomi-nasional

Pratama. Aditya. 2015. Kontribusi Pemberian Kredit Dan Kemampuan Manajerial Terhadap Pendapatan UMKM Di Kota Madiun Tahun 2015. Jurnal Mandiri.

Ratnawati, A. Y., Kom, S., Susena, M. M. E., Kom, S., Kom, M., & Terdahulu, P. (2017). Kesejahteraan Pedagang Batik Di Kota Surakarta. 4, 58–66.

Saputri, A. G. (2014). Analisis Kontribusi Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi (Je), 1–15.

Silvia, Hanna Dan Syamsun, Muhammad Dan Kartika, Lidawati. (2015). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Komoditas Kentang Di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Jurnal Ilmiah Pertanian Indonesia (Jipi)

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Retrieved From Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1172

Wignaraja, G., Jinjarak, Y. 2015. Why do SMEs not borrow more from banks? Evidence from the People’s Republic of China and Southeast Asia. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.2548916

Downloads

Published

2020-02-18