Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Nurmin Arianto UNIVERSITAS PAMULANG

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075

Keywords:

Keywords, kualitas produk, harga, keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang membeli produk Butik dengan jumlah semple yang digunakan 92 konsumen dengan menggunakan metode Insidental Sampling. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien kolerasi product moment, koefisien determinasi dan uji signifikasi koefisien (Uji t dan Uji f).  Hasil analisis bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh hasil kofisien regresi linier berganda sebesar Y = 16,621+ 0,538 X1 + 0,170 X2 + e. Hasil koefisien korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,788. Maka bila dilihat dari tabel interpretasi koefisien kolerasi masik interval 0,60-0,79 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 62,1%, hal ini membuktikan bahwa besarnya pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Butik sebesar 62,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil Uji T diperoleh nilai t hitung > t tabel (10,457 > 1,661) dan sig < 0,1 (0,000 < 0,1) sehingga Ho1 di tolak dan Ha1 diterima dan nilai t hitung > t tabel (2,815 > 1,661) dan nilai sig < 0,1 (0,006 < 0,1) sehingga Ha2 diterima dan Ho2  sedangkan  dari hasil uji F dapat diperoleh nilai nilai F hitung > f tabel yaitu 72,760 > 4,84 dan nilai sig < 0,01 atau 0,000 < 0,01. Maka Ha3 diterima dan H03 ditolak.

Author Biography

Nurmin Arianto, UNIVERSITAS PAMULANG

UNIVERSITAS PAMULANG 

DOSEN MANAJEMEN

References

Arianto, Nurmin. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper Pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 6 (2), 143-154.

Arianto,Nurmin. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) 1 (3).

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dharmmesta, Basu Swastha. 2011. Materi Pokok Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Cetakan Pertama. Jakarta: Universitas Terbuka

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha,Basu. 2010.Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFEYogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-02-18