Content Marketing dan Self-Image Congruence terhadap Purchase Intention Generasi Z di Tiktokshop Ribsgold
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41047Keywords:
Content marketing; self-image congruence; purchase intention; Tiktokshop, RibsgoldAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serta pengaruh content marketing dan self-image congruence terhadap purchase intention generasi Z di Tiktokshop Ribsgold secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu generasi Z di Kota Bandung. Penyebaran kuesioner kepada sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang diambil didasarkan pada perhitungan rumus Yamane sebanyak 100 (seratus) responden dengan kriteria berusia 14-26 tahun yang menggunakan aplikasi Tiktok dan bertempat tinggal di Kota Bandung. Pengujian data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel content marketing, self-image congruence dan purchase intention dikategorikan baik dengan hasil pengujian data content marketing dan self-image congruence berpengaruh signifikan terhadap purchase intention generasi Z di Tiktokshop Ribsgold dengan nilai positif secara parsial dan simultan
References
Agustini, M. P., Komariah, K., & Mulia, F. (2022). Analisis Interaksi Sosial Konten Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik (Survey Pada Konsumen Produk Dear Me Beauty Di Kota Sukabumi). Management Studies And Entrepreneurship Journal, 3(3), 1601–1610.
Andrian. (2019). Digital Marketing Dan Ragam Produk Pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14–24. Https://Doi.Org/10.25139/Ekt.v3i1.1430
Annur, C. M. (2022a). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet Di Indonesia Awal 2022. Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/03/23/Ada-2047-Juta-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Awal-2022
Annur, C. M. (2022b). Berapa Lama Masyarakat Global Akses Medsos Setiap Hari? Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/02/07/Berapa-Lama-Masyarakat-Global-Akses-Medsos-Setiap-Hari
Azizah, D. U., & Rafikasari, E. F. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @Souvenirmurah_Ta Di Masa Pandemi. Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 135–146.
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2020). Penduduk Menurut Kelompok Umur Dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2018-2020. Https://Bandungkota.Bps.Go.Id/Indicator/12/103/1/Penduduk-Menurut-Kelompok-Umur-Dan-Jenis-Kelamin.Html
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. Https://Doi.Org/10.31294/Khi.v12i1.10132
Foster, B. (2019). Self Image Congruity And Customer Perceived Sq On Impact Satisfaction On Repurchase Intention. Journal Sampurasun : Interdisciplinary Studies For Cultural Heritage, 05(01), 39–52. Https://Doi.Org/10.23969/Sampurasun.v5i02.1527
Jemadu, L. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta Per 2022. Suara.Com. Https://Www.Suara.Com/Tekno/2022/02/23/191809/Jumlah-Pengguna-Media-Sosial-Indonesia-Capai-1914-Juta-Per-2022#:~:Text=Suara.Com - Riset Dari Datareportal,6 Persen Dari Tahun 2021.
Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing (1st Ed.). Umsida Press. Https://Doi.Org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Nefrida, N., Riati, & Mustofa, R. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Berbelanja Online Pada Media Instagram (Studi Kasus : Mahasiswa Stie Persada Bunda Di Pekanbaru). Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 166–183. Https://Doi.Org/10.35446/Bisniskompetif.v1i2.1075
Purwanto, Y., & Laura, Sahetapy Wilma. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).
Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332.
Santoso, S. B., & Guspul, A. (2022). Analisis Pengaruh Brand Origin , Self-Image Congruence , Dan Brand Knowledge Terhadap Purchase Intention Handphone Merk Xiaomi. Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 3(2).
Social Blade. (2023). Tiktok Analytical History For Ribsgold. Social Blade. Https://Socialblade.Com/Tiktok/User/Ribsgold
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2nd Ed.). Alfabeta.
Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Jurnal Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Unniversitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.