Pengaruh Performance Expectancy dan Perceived Risk terhadap Continuance Intention pada E-Wallet DANA

Authors

  • Putri Gustina Ayu Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Vika Aprianti Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Bob Foster Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41048

Keywords:

Performance Expectancy; Perceived Risk; Continuance Intention; E-Wallet DANA.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran Performance Expectancy dan Perceived Risk terhadap Continuance Intention pada E-Wallet DANA serta pengaruh Performance Expectancy dan Perceived Risk terhadap Continuance Intention pada E-Wallet DANA secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pengguna DANA yang dilihat dari jumlah pengunduh aplikasi DANA pada playstore. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 responden. Hasil penyebaran kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. berdasarkan penyebaran data diperoleh bahwa Performance Expectancy, Perceived Risk, dan Continuance Intention berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji determinasi yang telah dilakukan pada variabel Performance Expectancy berpengaruh sebesar 57,6% terhadap Continuance Intention, Perceived Risk memiliki pengaruh sebesar 12,4% terhadap Continuance Intention, Performance Expectancy dan Perceived Risk berpengaruh sebesar 58% terhadap Continunace Intention. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Performance Expectancy dan Perceived Risk berpengaruh terhadap Continuance Intention pada E-Wallet DANA baik secara parsial maupun simultan.

 

References

Ashoer, M., & Said, S. (2016). The Impact of Perceived Risk on Consumer Purchase Intention in Indonesia; A Social Commerce Study. Journal of Business Research, April 2016, 260–271.

Asliri.id. (2022). Security and Safety : The Perfect Combo in Digital World. Asliri.Id. https://asliri.id/blog/security-and-safety-the-perfect-combo-in-digital-world/

Cakra, S. D. P. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Berkelanjutan Menggunakan Layanan M Banking Pt. Bank Rakyat Indonesia Cabang Unit Tanggul, Jember. Performa, 5(6), 530–538. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1856

Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. (n.d.). Retrieved May 7, 2023, from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Bramantoro, S., & Gandasari, D. (2020). Heliyon Customer review or in fl uencer endorsement : which one in fl uences purchase intention more ? 6(May). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

E-wallet Jadi Metode Pembayaran Terpopuler di Indonesia 2022, Ini Potensinya Pada 2025 Mendatang - GoodStats. (n.d.). Retrieved May 8, 2023, from https://goodstats.id/article/e-wallet-jadi-metode-pembayaran-terpopuler-di-indonesia-2022-ini-potensinya-pada-2025-mendatang-FOnnm

Eryc, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gojek Terhadap Perilaku Mahasiswa Universitas. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 54. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2552

Gama Putra Brahmanta, & Nuruni Ika Kusuma Wardhani. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Sains Manajemen, 7(2), 97–108. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.3580

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Southeast Asia’s Digital Consumer: a new stage of evolution.

Junadi, & Sfenrianto. (2015). A Model of Factors Influencing Consumer’s Intention to Use E-payment System in Indonesia. Procedia Computer Science, 59(March), 214–220. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.07.557

Lestari, D. M. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Risk Terhadap Continuance Intention dalam Penggunaan Aplikasi Dompet Digital DANA di DKI Jakarta. 11(1), 401–409. https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9141/

Monica, C., & Briliana, V. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention Pengguna Go-Food di Jakarta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 9(2), 115–126. https://doi.org/10.55601/jwem.v9i2.624

PEKERTI, R. I., & BRILIANA, V. (2016). Pengaruh Perceived Benefits, Perceived Risks, Hedonic Motivations, Psychological Factorsdan Website Designterhadap Online Buying Behavior. 18(2), 147–158. http://www.tsm.ac.id/JBA

Purnama, M. P., & Sari, D. (2022). The Influence of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on E-Wallet Continuance Intention. Jurnal Teknik Industri, 24(1), 13–22. https://doi.org/10.9744/jti.24.1.13-22

Riandika, I. N., Alwie, A. F., & Syapsan, S. (2022). Analisis Perceived Risk, Perceived Value dan Online Consumer Review Terhadap Online Repurchase Intention Produk Fashion di Kabupaten Kampar di Moderasi Kepercayaan. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 8(2), 271. https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.17967

Richard Andrew, Februarga P. Akwila, Z. H. I. N. S. (2021). Effect Of Performance Expectancy And Social Influence On Continuance Intention In OVO. Jurnal Manajemen, 25(1), 125. https://doi.org/10.24912/jm.v25i1.707

Saputri, M. E. (2022). Pengaruh Performance Expectation, Effort Expectancy, Social Influence, Perceived Risk, Perceived Cost Pada Minat Menggunakan Mobile Payment Di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 21(1), 9–21. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2022.21.1.2

Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 670–680. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.590

Tugiman, T., Herman, H., & Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1621–1630. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2227

Venkatesh, V., Th, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. 36(1), 157–178. https://doi.org/10.1109/MWSYM.2015.7167037

Venny Setyadi, E., Suarly, R., Handoko, R., & Ali, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention dari Pengguna Pada Layanan M-Payment (Studi Kasus Go-Pay). Kajian Branding Indonesia, 2(2), 162–200. https://doi.org/10.21632/kbi.2.2.162-200

Wijaya1, I. G. N. S., Pratami2, N. W. C. A., Muryatini3, N. N., & Yasa4, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ), Persepsi Risiko , Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ), Persepsi Bisnis dan Vokasi Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali ,. January. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v11.i01.p10

Winata, S., & Tjokrosaputro, M. (2022). The Roles of Effort Expectancy, Attitude, and Service Quality in Mobile Payment Users Continuance Intention. Proceedings of the Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 653(Icebm 2021), 121–126. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220501.020

Downloads

Published

2024-01-06