Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41049Keywords:
Harga; Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Giordano di Living World Alam Sutera Tangerang Selatan. Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6124 orang yang merupakan konsumen Giordano Living World Alam Sutera selama tahun 2022 dan dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka didapatkan sampel penelitian 98 responden. Lamanya waktu untuk penelitian adalah selama 3 bulan yaitu dari bulan Januari – Maret 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap Keputuan Pembelian.
References
____________ 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Amirullah. 2021. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo : Indomedia Pustaka
Anggraini, Linda Putri. 2020. Pengaruh Brand Trust, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Minum Le Minerale. Skripsi. Ponorogo : Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsp & Strategi). Depo : PT. RajaGrafindo Persada
Daud, Ibrahim. 2021. Manajemen Pemasaran dengan Pendekatan Digital Marketing. Sidoarjo : Indomedia Pustaka
Dipayanti, Kris, Bunga Astra Gracia, Nufzatutsaniah. 2021. E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 berpengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Restoran Gokana di Cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan. Jurnal Kompetitif, Vol. 4 No. 3 Oktober 2021, ISSN No. 2598-2893, hal. 394-412. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang
Effendi, Arif Zakiyattan. 2020. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian pada Travel Umroh dan Haji PT. Inyong Travel Barokah. Skripsi. Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Elvera dan Yesita Astarina. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : ANDI
Gracia, Bunga Astra, Kris Dipayanti, 2020. Store Atmosphere pengaruhnya terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Roti Breadlife cabang Bintaro Exchange. Jurnal Kompetitif, Vol. 4 No. 1 Oktober 2020, ISSN No. 2598-2893, hal. 62-78. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang
Gunarsih, Cindy Magdalena, JAF Kalangi, Lucky F. Tamengkel. 2021. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Journal Productivity, Vol.2 No. 1 ISSN 2723-0112, hal 69-72. Manado : Universitas Sam Ratulangi.
Hendrayani, E. dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Media Sains Indonesia
Hurriyati, Ratih dan Muji Gunarto. 2019. Metode Statistik Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung : PT. Refika Aditama
Hurriyati, Ratih. 2016. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press
Irfanudin, A. M., Andalusi, R., & Jamil, I. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pristine 8+ Pada PT Super Wahana Tehno. Jurnal SeMaRak, 3(3).
Kambali, Imam, Ani Syarifah. 2020. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billioner Store Bandung). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol. 10, No. 1, Maret 2020, ISSN no. 2087-3077, hal. 1-8. Bandung : Politeknik Pos Indonesia
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2016. Priciples of Marketing. 16e Global Edition. England. PearsonEducation Limited
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kusnandi, Herry., Suryono Efendi, Edi Sugiono. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta : LPU-UNAS
Napitulu, Sabar, Nirwana Tapiomas dan Riduan Tobink. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-teori Para Ahli. Cetakan Kedua. Jakarta : Atalya Rileni Sudeco
Pasaribu, VL. 2022. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Jurnal Manajemen Bisnis , 18 (1), 37-49.
Pradana, Dedhy, Syarifah Hudayah, Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Kinerja Vol 14 No. 1. Halaman 19-23. Samarinda : Universitas Mulawarman
Rivai, Veithzal. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali Press
Robbins, Stephen P and Marry Coulter. 2018. Manajemen Jilid 1 Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran dan Devi Bardani. Jakarta : Erlangga
Rustandi, Dirga Pratama Putra, Widya Sastika. 2021. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Brand Fashion Pull and Bear di Bandung tahun 2021. Jurnal e-Proceeding of Applied Science Vol. 7 No 6 Desember 2021, Halaman 2523-2535. Bandung : Universitas Telkom Bandung
Septiani, Fauziah, Robianto. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No. 1, tahun 2021, No. ISSN 2746-6841, hal 21-27. Tangerang : Universitas Pamulang
Setiadi, Faisal Pungki. 2017. Pengaruh Pengembangan produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Giordano Indonesia (Studi Kasus pada Mall Paris Van Java di Kota Bandung). Skripsi. Bandung : Universitas Widyatama
Sudaryono. 2016. Manajemen PemasaranTeori dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI OFFSET
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suhardi. 2018. Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media
Tanjung, Iwan Faisyal (2018). Analisa Manajemen Pemasaran dalam mengembangkan Usaha Seni Kaligrafi. Skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo
Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction edisi 3, Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishing
Wibisono, Byzka. 2023. Ilmu Dasar Marketing Segala Hal Tentang Sales dan Marketing. Yogyakarta : ANAK HEBAT INDONESIA
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi kelima. Depok : PT. RajaGrafindo Persada
Yusi, Syahirman dan Umiyati Idris. 2020. Statistika-untuk Ekonomi, Bisnis dan Sosial. Yogyakarta : ANDI
Zusrony, Edwin. 2021. Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang : Yayasan Prima Agung Teknik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Unniversitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.