Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Authors

  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang
  • Nufzatutsaniah Nufzatutsaniah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41049

Keywords:

Harga; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada  Giordano di Living World Alam Sutera Tangerang Selatan. Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6124 orang yang merupakan konsumen Giordano Living World Alam Sutera selama tahun 2022 dan dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka didapatkan sampel penelitian 98 responden. Lamanya waktu untuk penelitian adalah selama 3 bulan yaitu dari bulan Januari – Maret 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap  Keputuan Pembelian.

References

____________ 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Amirullah. 2021. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo : Indomedia Pustaka

Anggraini, Linda Putri. 2020. Pengaruh Brand Trust, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Minum Le Minerale. Skripsi. Ponorogo : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsp & Strategi). Depo : PT. RajaGrafindo Persada

Daud, Ibrahim. 2021. Manajemen Pemasaran dengan Pendekatan Digital Marketing. Sidoarjo : Indomedia Pustaka

Dipayanti, Kris, Bunga Astra Gracia, Nufzatutsaniah. 2021. E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 berpengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Restoran Gokana di Cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan. Jurnal Kompetitif, Vol. 4 No. 3 Oktober 2021, ISSN No. 2598-2893, hal. 394-412. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang

Effendi, Arif Zakiyattan. 2020. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian pada Travel Umroh dan Haji PT. Inyong Travel Barokah. Skripsi. Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Elvera dan Yesita Astarina. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : ANDI

Gracia, Bunga Astra, Kris Dipayanti, 2020. Store Atmosphere pengaruhnya terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Roti Breadlife cabang Bintaro Exchange. Jurnal Kompetitif, Vol. 4 No. 1 Oktober 2020, ISSN No. 2598-2893, hal. 62-78. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang

Gunarsih, Cindy Magdalena, JAF Kalangi, Lucky F. Tamengkel. 2021. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Journal Productivity, Vol.2 No. 1 ISSN 2723-0112, hal 69-72. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Hendrayani, E. dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Media Sains Indonesia

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/10-merek-fesyen-favorit-masyarakat-indonesia-siapa-juaranya

Hurriyati, Ratih dan Muji Gunarto. 2019. Metode Statistik Bisnis untuk Bidang Ilmu Manajemen dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung : PT. Refika Aditama

Hurriyati, Ratih. 2016. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press

Irfanudin, A. M., Andalusi, R., & Jamil, I. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pristine 8+ Pada PT Super Wahana Tehno. Jurnal SeMaRak, 3(3).

Kambali, Imam, Ani Syarifah. 2020. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billioner Store Bandung). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol. 10, No. 1, Maret 2020, ISSN no. 2087-3077, hal. 1-8. Bandung : Politeknik Pos Indonesia

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2016. Priciples of Marketing. 16e Global Edition. England. PearsonEducation Limited

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kusnandi, Herry., Suryono Efendi, Edi Sugiono. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta : LPU-UNAS

Napitulu, Sabar, Nirwana Tapiomas dan Riduan Tobink. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-teori Para Ahli. Cetakan Kedua. Jakarta : Atalya Rileni Sudeco

Pasaribu, VL. 2022. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Jurnal Manajemen Bisnis , 18 (1), 37-49.

Pradana, Dedhy, Syarifah Hudayah, Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Kinerja Vol 14 No. 1. Halaman 19-23. Samarinda : Universitas Mulawarman

Rivai, Veithzal. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali Press

Robbins, Stephen P and Marry Coulter. 2018. Manajemen Jilid 1 Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran dan Devi Bardani. Jakarta : Erlangga

Rustandi, Dirga Pratama Putra, Widya Sastika. 2021. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Brand Fashion Pull and Bear di Bandung tahun 2021. Jurnal e-Proceeding of Applied Science Vol. 7 No 6 Desember 2021, Halaman 2523-2535. Bandung : Universitas Telkom Bandung

Septiani, Fauziah, Robianto. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No. 1, tahun 2021, No. ISSN 2746-6841, hal 21-27. Tangerang : Universitas Pamulang

Setiadi, Faisal Pungki. 2017. Pengaruh Pengembangan produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Giordano Indonesia (Studi Kasus pada Mall Paris Van Java di Kota Bandung). Skripsi. Bandung : Universitas Widyatama

Sudaryono. 2016. Manajemen PemasaranTeori dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI OFFSET

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suhardi. 2018. Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media

Tanjung, Iwan Faisyal (2018). Analisa Manajemen Pemasaran dalam mengembangkan Usaha Seni Kaligrafi. Skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo

Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction edisi 3, Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishing

Wibisono, Byzka. 2023. Ilmu Dasar Marketing Segala Hal Tentang Sales dan Marketing. Yogyakarta : ANAK HEBAT INDONESIA

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi kelima. Depok : PT. RajaGrafindo Persada

Yusi, Syahirman dan Umiyati Idris. 2020. Statistika-untuk Ekonomi, Bisnis dan Sosial. Yogyakarta : ANDI

Zusrony, Edwin. 2021. Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang : Yayasan Prima Agung Teknik

Downloads

Published

2024-01-06