The Influence of Trust and Convenience on Purchasing Decisions in Shopee E-commerce

Authors

  • Nonita Kristya Ningsih Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
  • Desma Yanti Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
  • Johan Gunady Ony Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Keywords:

Trust; Convenience; Purchasing Decision

Abstract

This study aims to determine the effect of trust and convenience on Shopee e-commerce purchasing decisions. The data used in this study are primary data. The population in this study are consumers who have shopped and used the Shopee application. The sample respondents were 115 respondents. The sampling technique is purposive sampling method. Primary data from this study were taken from questionnaires. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, classical assumption test, which consists of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test, multiple regression analysis, hypothesis testing which consists of t test and coefficient of determination. The results in this study indicate that trust and convenience have a positive and significant effect on purchasing decisions in Shopee e-commerce.

References

Cahyadi, Universitas Buddhi Dharma. (2022). Yusufkurnia, Journal Manager, 6.Cahayadi (60-73). Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1.

Dewantoro. (2019). Pengaruh Optimisme Terhadap Kemampuan Identifikasi Peluang Mahasiswa Strata Satu Pada Perguruan Tinggi Di Surabaya. Agora, 7(1), 6.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Jurnal Manajemen Stei Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi Ovo. Juenal Manajemen Stei , 3 (2)(02), 2442–4080. Www.Bi.Go.Id/Id/Statistik

Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal Of Applied Business Administration, 2(1), 152–165. Https://Doi.Org/10.30871/Jaba.v2i1.763

Harun, A., & Salmah, N. N. A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Pelanggan Berdasarkan Kepercayaan Dan Kemudahan Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2), 114–126.

Hendra & Amin, A. M. (2019). The Effect Of Trust, Easiness, And Promotion On Online Purchase Decision Of Lazada.Co.Id. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Hismendi. (2016). E-Commerce: Model Interaksi Jual Beli (Studi Pada Pelaku Interaksi Jual Beli Melalui Internet). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 39–48.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada Cv. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal On Software Engineering (Ijse), 5(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.31294/Ijse.v5i1.5861

Lestari, I. T., & Widyastuti. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 478–484.

Lestari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–8. File:///C:/Users/Vivobook/Downloads/22568-Article Text-26577-1-10-20180118.Pdf

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.v5i1.787

Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818. Https://Doi.Org/10.26740/Jim.v8n3.p818-828

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 04(03), 403. Https://Doi.Org/10.31575/Jp.v4i3.336

Robbani, S. M. H. (2006). Analisis Sistem Pengendalian Internal Dan Prosedur Akuntansi. 7, 1–11.

Rudi Lahagu, Sulistyandari, & Binangkit, I. D. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka Emba, 2(1), 78.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis (Jilid 2) (6th Ed.). Salemba Empat.

Sopian, D., & Suwartika, W. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan. Jsma (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 40–53. Https://Doi.Org/10.37151/Jsma.v11i2.5

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.v1i04.266

Yelvita, F. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada Cv. Alzaid. הארץ, 4(8.5.2017), 2003–2005.

Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Stie Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 34–49. Https://Doi.Org/10.33558/Optimal.v12i1.1016

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Isoquant : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. Https://Doi.Org/10.24269/Iso.v3i1.243

Downloads

Published

2024-06-01