Pengaruh Digital Marketing, Personal Selling, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cosmetics di Bravo Tulungagung

Authors

  • Agus Firmansyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Shofi Ruhani U Ghurroh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41151

Keywords:

Digital Marketing; Personal Selling; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara pemasaran digital, personal selling, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.  Dalam penelitian ini, sampling insidental adalah metode pengambilan sampel. Teori Lemeshow digunakan untuk menghitung jumlah responden, dan 100 responden yaitu pelanggan Wardah Cosmetics Store Bravo Tulungagung digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Hipotesis penelitian didukung oleh analisis data kuesioner dengan menggunakan regresi linier berganda, yang telah lolos uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian, Pemasaran digital berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan Wardah Cosmetics Store Bravo Tulungagung dengan arah yang positif dan signifikan. Pada Wardah Cosmetics Store Bravo Tulungagung unsur personal selling hanya sedikit mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Pada Wardah Cosmetics Store Bravo Tulungagung kualitas produk juga memiliki pengaruh yang patut diperhatikan dan menguntungkan terhadap keputusan untuk membeli. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan adanya interaksi yang signifikan antara variabel independen dan dependen

References

Abdullah, N. B., Ridho , S., Purnama, S. N., & Arisqi, F. (2022). Peluang Desain Clothing dan Printing Kreatif. Srikaton: Lakeisha.

Amalia, A. I., & Mardian, I. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Putri Agata. Jurnal Manajemen, 09.

Anggraeni , D. P., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 37.

Basu, S., & Hani, H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Briliani, R. A., & Dkk. (2016). Analisis Kecenderungan Pemilihan Kosmetik Wanita Di Kalangan Mahasiswi Jurusan Statistika Universitas Diponegoro Menggunakan Biplot Komponen Utama. Jurnal Gaussian, 05.

Dellamita, M. F., & Dkk. (2014). Penerapan Personal Selling (Penjualan Pribadi) Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis, 09.

Habib, M. A., & Mahyuddin. (2021). Evaluasi Pengelolaan Teknologi TPS 3R di Desa Wisata Religi Gunungpring Kabupaten Magelang. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, I(1), 1-34. doi:10.21274

Habib, M. A., Budita, A. K., Usrah, C. R., Fatkhullah, M., & Nisa, K. K. (2017). Exploitation Behind the Growth of Batik Home Industry in Lawean, Solo, Central Java. International Journal of Social Science and Humanity, VII(9), 618-623. doi:10.18178

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10.

Kotler, & Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Seksualitas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Parakkasi, I. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital . Bogor: Lindan Bestari.

Pawlikowska, T., Zhang, W., Griffiths, F., Dalen, J. v., & Vleuten, C. v. (2012). Verbal and non-verbal behavior of doctors and patients in primary care consultations – How this relates to patient enablement. Patient Education and Counseling, LXXXVI(1), 70-76. doi:10.1016

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratna, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10.

Santoso , J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 06.

Shinta, A. (1994). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Simangunsong, E. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Batam: Universitas Putera Batam.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Downloads

Published

2024-06-01