Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantin Bilmas

Authors

  • Joy Noeliona Ruth Universitas Pendidikan Indonesia
  • Melani Defina Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Raja Almas Ramadhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hilzi Maulana Conquero Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adi Prehanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Nuryadin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41209

Keywords:

Business Challenge; Customer Satisfaction; Development Strategies; Product Quality; Service Quality

Abstract

Penelitian ini fokus pada Kantin Bilmas, bertujuan mengkaji kontribusi kualitas makanan dan layanan terhadap kepuasan pelanggan serta memberikan wawasan kepada manajemen untuk meningkatkan layanan. Melalui metode survei kuantitatif dengan kuesioner kepada mahasiswa UPI Tasikmalaya dan analisis data menggunakan SPSS, penelitian ini menyimpulkan bahwa keunggulan kualitas produk memiliki dampak positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan, sementara kualitas layanan menunjukkan pengaruh negatif. Secara keseluruhan, kualitas produk dan kualitas layanan memainkan peran penting dalam memengaruhi kepuasan pelanggan. Temuan ini menjadi landasan berharga bagi pemilik Kantin Bilmas dalam pengambilan keputusan dan perencanaan pengembangan usaha, serta dapat menjadi referensi penting bagi penelitian masa depan dengan mempertimbangkan konteks saat ini

References

Albesta, M. (2018). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Warunk Upnormal Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 6(2), 1–17.

Amanah, Lasally, A., & Kuntari, E. D. (2023). Kualitas Makanan Dan Pelayanan Berdasarkan Persepsi Kepuasan Pelangga Di Restoran Kangen Boutique Hotel Yogyakarta. Ebbank, 13(1), 91–98.

Anjarsari, G. E., Suprapti, N. W. S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2018). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Dan Lingkungan Fisik Restoran Terhadap Kepuasan Serta Niat Berperilaku. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , 1347–1374.

Carolina, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Pada Kepuasan Konsumen K-Sushi. Agora, 7(2).

Hastuti, S. (2020). The Effect Of Food Service Quality And Beverage Service On Custumer Satisfaction Of The Grand Dafam Rohan Syariah. Jurnal Ekobis Dewantara, 2(3), 35–48. Https://Doi.Org/10.26460/Ed_En.v2i3.1532

Rinova, D., & Meilani, F. (2018). Pengaruh Persepsi, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Kedai Susu Sapi Murni Di Bandar Lampung. Sosialita: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 1–69.

Sari, A., & Althalets, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food And Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mesra Business And Resort Hotel Samarinda. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(3), 259–268. Https://Doi.Org/10.24036/Jkpbp.v2i3.45572

Sholeha, S., Kusindrati, K., Tanuwijaya, R. R., & Marini, R. (2020). Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(02), 55–58. Https://Doi.Org/10.33221/Jikes.v19i02.513

Downloads

Published

2024-06-01