Analisis Strategi Social Media Marketing pada Pusat Perbelanjaan Labuan Square di Labuan Bajo

Authors

  • Fitri Ciptosari Politeknik eLBajo Commodus
  • Inosensius Satum Politeknik eLBajo Commodus

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41212

Keywords:

Pemasaran Media Sosial; Pusat Perbelanjaan; Visibilitas; Daya Tarik Pasar

Abstract

Tingkat persaingan yang semakin meningkat dalam industri ritel telah mendorong pusat perbelanjaan untuk mengadopsi strategi pemasaran yang inovatif guna mempertahankan daya tarik dan visibilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam strategi pemasaran media sosial yang diterapkan oleh Pusat Perbelanjaan Labuan Square di Labuan Bajo. Penelitian ini mengeksplorasi upaya dan metode yang diterapkan untuk meningkatkan visibilitas pusat perbelanjaan dan menarik minat pasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menganalisis strategi pemasaran media sosial yang diterapkan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang efektivitas strategi dalam konteks pasar lokal. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana penerapan strategi pemasaran media sosial dapat membantu meningkatkan daya tarik pasar bagi pusat perbelanjaan di kawasan Labuan Bajo

References

Aditianata. (2013). Penjelmaan Pusat Perbelanjaan Sebagai Ruang Publik Semu. Jurnal Planesa, Vol. 4 No. 2.

Chan, N. L., & Guillet, B. (2011). Investigation of Social Media Marketing: How Does the Hotel Industry in Hong Kong Perform in Marketing on Social Media Websites? Journal of Travel and Tourism Marketing, 28, 345-368.

Cheung, M.-L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2019). The Influence of Perceived Social Media Marketing Elements on Consumer-Brand Engagement and Brand Knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics .

Creswell, J. W., & Cresswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed methods Approaches. SAGE.

Garrido-Moreno, A., Garcia-Morales, V. J., King, S., & Locket, N. (2020). Social Media Use and Value Creation: a Dynamic-Capabilities Perspective. Journal of Service Management.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: Mc.Graw-Hill Companies.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Khajeheian, D., & Ebrahimi, P. (2020). Media Branding and Value Co-Creation: Effect of User Participation in Social Media of News Media on Attitudinal and Behavioural Loyalty. European Journal of International Management, 1(1).

Prasad, S., Gupta, I., & Totala, N. K. (2017). Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Purchase Decision Involvement. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 9(2).

Subagja, A. D., Ausat, A. M., & Suherlan. (2022). The Role of Social Media Utilization and Innovativeness for Development of SMEs Performance. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, 24(2), 85-102.

Tuten, T., & Solomon, M. (2018). Social Media Marketing. Sage.

Wadhi, Y. P., Ciptosari, F., & Siagian, R. A. (2023). Strategi Pemasaran Digital Musik Daerah Flores Melalui Platform Musik Digital Spotify. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(3), 309-316.

Wardani, S. X. (2022). Creativity of Social Media Marketing as a Digital Marketing Communication Strategy in Indonesia. Budapest International Research adn Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Weinberg, T. (2009). The New Community Rules: Marketing on the Social Web. O'Reilly.

West, D., Ford, J., & Ibrahim, E. (2015). Strategic Marketing: Creating Competitive Advantage. Oxford University Press.

Yu, X., & Yuan, C. (2019). How Consumers' Brand Experience in Social Media Can Improve Brand Perception and Customer Equity. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(4).

Downloads

Published

2024-06-01