Analisis Efektivitas Metode Pemasaran Secara Offline dan Online Terhadap Hasil Penjualan

Authors

  • I Wayan Purnama A Winata Primakara University
  • I Made Artana Primakara University
  • Putri Anugrah C Dewi Primakara University

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41320

Keywords:

Efektivitas; Pemasaran; Penjualan

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengamati perbandingan efektivitas pemasaran dalam penjualan secara offline dan online pada Viory Store. Untuk melihat secara jelas dampak pemasaran offline dan online terhadap penjualan yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kombinasi sequential exploratory. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan metode kualitatif deskriptif dan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan uji beda (independent sample T-test). Hasilnya, dalam metode pemasaran yang diukur dengan skala persentase, terdapat perbedaan antara metode pemasaran yang dilakukan secara offline dan online. Hasil uji beda rata-rata sampel bebas (independent sample T-test) menunjukkan hasil yang baik, dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,707 > 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Jika H0 diterima, maka tidak ada perbedaan rata-rata hasil  penjualan. Selanjutnya, jika melihat nilai thitung didapatkan nilai thitung<ttabel atau 0,380 < 2,074. Dapat disimpulkan tidak ada perbedaan secara rata-rata hasil penjualan antara penjualan offline dan penjualan online Viory Store.

References

Aufa, Q. (2019). Efektivitas Metode Pemasaran Secara Online Dan Offline Terhadap Hasil Penjualan (Studi Pada Toko Helm Kafana Store). Thesis.

Cahyono, B., Haryono, A. T., & Malik, D. (2017). Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing Dan Service Excellent Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Adinata Graha Raya Kaliwungu Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 1–13.

Fakri, A. (2016). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao Wecksler, E. T. (2022). Statistik E-Commerce 2022. Badan Pusat Statistik.

Irawan, B. S. (2020). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Keni, W. K. S. D. (2019). Pengaruh Social Network Marketing (Snm) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6), 68–74. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.v2i6.4910

Kotler, P. And K. K. L. (2016). Marketing Management. Upper Saddle River.

Kussudyarsana, K., & Rejeki, L. (2020). Pengaruh Media Sosial Online Dan Media Promosi Offline Terhadap Pemilihan Merek Produk Skincare Dan Klinik Kecantikan. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.23917/Dayasaing.v22i1.10701

Kuzery, H., & Septayuda, I. (2015). Efektivitas Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Nasabah Pada Situs Penjualan Online Bina Darma. 21–30.

Marcellina, C. V. (2021). Analisis Komparasi Tingkat Penjualan Para Pelaku Industri Kecil Menengah (Ikm) Kabupaten Tulungagung Dengan Sistem Pemasaran Offline Dan Online. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 8–24. Http://Repo.Uinsatu.Ac.Id/Id/Eprint/22294

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Pt. Gramedia Pustaka Utama. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Q5Rndwaaqbaj&Lpg=Pp1&Hl=Id&Pg=Pp1#v=Onepage&q&f=False

Salusu, J. (2021). Pengambilan Keputusan Stratejik. Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanjaya, A. B. (2020). Efektivitas Program Area Traffic Control System (Atcs) Dalam Meminimalisir Pelanggaran Lalu Lintas Di Kota Bandung. 14–38.

Sefudin, A. (2014). Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) “4P” Ke “4C” (Studi Kasus Pada Universitas Indraprasta Pgri). Applied Business And Economics Volume, 1(Marketing Mix), 17–23.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Downloads

Published

2024-06-01