Analisis Efektivitas Metode Pemasaran Secara Offline dan Online Terhadap Hasil Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41320Keywords:
Efektivitas; Pemasaran; PenjualanAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengamati perbandingan efektivitas pemasaran dalam penjualan secara offline dan online pada Viory Store. Untuk melihat secara jelas dampak pemasaran offline dan online terhadap penjualan yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kombinasi sequential exploratory. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan metode kualitatif deskriptif dan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan uji beda (independent sample T-test). Hasilnya, dalam metode pemasaran yang diukur dengan skala persentase, terdapat perbedaan antara metode pemasaran yang dilakukan secara offline dan online. Hasil uji beda rata-rata sampel bebas (independent sample T-test) menunjukkan hasil yang baik, dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,707 > 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Jika H0 diterima, maka tidak ada perbedaan rata-rata hasil penjualan. Selanjutnya, jika melihat nilai thitung didapatkan nilai thitung<ttabel atau 0,380 < 2,074. Dapat disimpulkan tidak ada perbedaan secara rata-rata hasil penjualan antara penjualan offline dan penjualan online Viory Store.
References
Aufa, Q. (2019). Efektivitas Metode Pemasaran Secara Online Dan Offline Terhadap Hasil Penjualan (Studi Pada Toko Helm Kafana Store). Thesis.
Cahyono, B., Haryono, A. T., & Malik, D. (2017). Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing Dan Service Excellent Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Adinata Graha Raya Kaliwungu Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 1–13.
Fakri, A. (2016). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia.
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao Wecksler, E. T. (2022). Statistik E-Commerce 2022. Badan Pusat Statistik.
Irawan, B. S. (2020). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Keni, W. K. S. D. (2019). Pengaruh Social Network Marketing (Snm) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6), 68–74. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.v2i6.4910
Kotler, P. And K. K. L. (2016). Marketing Management. Upper Saddle River.
Kussudyarsana, K., & Rejeki, L. (2020). Pengaruh Media Sosial Online Dan Media Promosi Offline Terhadap Pemilihan Merek Produk Skincare Dan Klinik Kecantikan. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.23917/Dayasaing.v22i1.10701
Kuzery, H., & Septayuda, I. (2015). Efektivitas Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Nasabah Pada Situs Penjualan Online Bina Darma. 21–30.
Marcellina, C. V. (2021). Analisis Komparasi Tingkat Penjualan Para Pelaku Industri Kecil Menengah (Ikm) Kabupaten Tulungagung Dengan Sistem Pemasaran Offline Dan Online. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 8–24. Http://Repo.Uinsatu.Ac.Id/Id/Eprint/22294
Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Pt. Gramedia Pustaka Utama. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Q5Rndwaaqbaj&Lpg=Pp1&Hl=Id&Pg=Pp1#v=Onepage&q&f=False
Salusu, J. (2021). Pengambilan Keputusan Stratejik. Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sanjaya, A. B. (2020). Efektivitas Program Area Traffic Control System (Atcs) Dalam Meminimalisir Pelanggaran Lalu Lintas Di Kota Bandung. 14–38.
Sefudin, A. (2014). Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) “4P” Ke “4C” (Studi Kasus Pada Universitas Indraprasta Pgri). Applied Business And Economics Volume, 1(Marketing Mix), 17–23.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Unniversitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.