Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Menggunakan Analisis Swot
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41390Keywords:
Marketing Mix; Analisis SWOT; Strategi PemasaranAbstract
Penelitian bertujuan menganalisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan Toko Gajah Nusantara melalui analisis bauran pemasasan dan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Strategi pemasaran yang dipakai adalah bauran pemasaran 9P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Payment dan Packaging). Menurut Matriks EI menunjukan pada kuadran V yaitu pada titik IFE 2, 7 dan titik EFE 2, 5 yang berarti hold and maintain. Strategi yang digunakan adalah dengan strategi WT yaitu menciptakan strategi pemasaran yang kreatif inovatif, menciptakan prosedur operasional yang efektif dan efisien.
References
Abdullah, Thamrin. & Francis Tantri. (2017). Manajemen Pemasaran. Depok: Rajawali Pers
Abdullah, Thamrin. (2017). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Abdurahman, N.H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Cravens, David W. dan Piercy, Nigel F. (2013), Strategic Marketing Edisi 10. New York: McGraw Hill.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases 16th e d. New Jersey: Pearson Education.
Efriyanti, Farida & Olivia Wijaya. (2016). Analisis Strategi Pemasaran dalam Memingkatkan Volume Penjualan pada PT. Sangga Buana Seputih Banyak Lampung Tengah. Jurnal Manajemen dan Bisnis UBL. 6(2), 155-175.
Etzel. Michael J. Walker J.W., Stanton, W.J. (2013). Marketing, Edisi ke-12. New York, USA: McGraw-Hill Irwin.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Dasar dan Konsep. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Galavan, R. (2014). Doing Buisnies Strategy. Ircland: NuBooks.
Gladis, Novera & Veneranda R Hapsari. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Institut Shanti Buana. Journal Business Economics and Entrepreunership Shanti Buana. 3(2), 94-101.
Hery. (2022). Dasar-Dasar Marketing untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Julius, Y. & Limakrisma, N (2016). Manajemen Pemasaran Model Keputusan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong G. (2014) Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 Jakarta: Penerbit Erlangga.
Laksana, Tiara Nindya & Minto Waluyo. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT dan BCG di PT. XYZ. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi UPN Jatim. 2(2), 96-107.
Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mayasari, Nur. Erni Qomariyah., Ninik, E. Purwanti. (2020). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pakaian di Toko Zoya Kota Kendari. Jurnal Administrasi Bisnis UHO. 5(2), 462-473.
Mulia, Elvie. (2015). Power Sales Rahasia Sukses Memimpin Tim Penjualan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nasib. Ratih Amelia. Indawati Lestari. (2019). Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Rangkuti, Freddy. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia
Santosa, P.W., Herjanto E. (2018). Strategi Bisnis dengan Menggunakan Analisis SWOT dengan Metode Supply Chain Logistic untuk Meningkatkan Penjualan Retail pada PT XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Untar. 2(1), 11-22.
Sihombing, I. Kesuma dan Ika Sari Dewi. (2019). Pemasaran dan Manajemen Pasar. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-3. Bandung: Alvabeta.
Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).
Swasta, B, (2012). Manajemen Penjualan, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE
Tjiptono, F dan Gregouris. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit CV Andi.
Tjiptono, Fandy. & Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Waty, Vita Teresia. (2021). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Confetti Project Samarinda Kalimantan Timur. E-Journal Administrasi Bisnis
Yusuf, A. Muri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Unniversitas Pamulang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.