Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang

Authors

  • Ugeng Budi Haryoko Universitas Pamulang
  • Fauziah Septiani Pamulang University
  • Risnalinda Risnalinda Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4275

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemangâ€.

Jenis penelitian  deskriptif kuantitatif, metode dalam penelitian ini dengan mendistribusikan kuesioner secara langsung kepada pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Metode analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah: uji validasi, uji reliabilitas, uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji signifikan / uji hipotesis (uji t), uji regresi linier sederhana

Berdasarkan hasil analisis perhitungan koefisien korelasi product moment (rxy) 0,886 menunjukkan besarnya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat, Dengan koefisien determinasi (R) sebesar 88,6%, ini menunjukkan besarnya kontribusi bahwa kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang adalah 88,6%, sedangkan 11,4% Sisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang.

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

References

Freddy, Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philips dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian(Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philips. 2005. Manajemen Pemasaran(Benjamin Molan. Terjemahan). Edisi Milenium Jilid I Edisi Ke Sebelas. Jakarta: Prenhallindo.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rambat, Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT Salemba Empat

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfa Beta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfa Beta

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandi. 2004. Edisi Ke-empat. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: ANDI.

Nella Octaviani. 2013. Publikasi Ilmiah. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kafe Kopi Miring Semarang.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,

Jakarta

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Sunyoto. 2013. Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Caps Publishing: Yogyakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta:

Erlangga.

Tjiptono Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, CV Andi Offset: Yogyakarta.

Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Kesatu, Pustakan Reka Cipta: Bandung

Downloads

Published

2020-02-18