Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4275Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemangâ€.
Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, metode dalam penelitian ini dengan mendistribusikan kuesioner secara langsung kepada pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Metode analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah: uji validasi, uji reliabilitas, uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji signifikan / uji hipotesis (uji t), uji regresi linier sederhana
Berdasarkan hasil analisis perhitungan koefisien korelasi product moment (rxy) 0,886 menunjukkan besarnya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat, Dengan koefisien determinasi (R) sebesar 88,6%, ini menunjukkan besarnya kontribusi bahwa kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang adalah 88,6%, sedangkan 11,4% Sisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang.
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.
References
Freddy, Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philips dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian(Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philips. 2005. Manajemen Pemasaran(Benjamin Molan. Terjemahan). Edisi Milenium Jilid I Edisi Ke Sebelas. Jakarta: Prenhallindo.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rambat, Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT Salemba Empat
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfa Beta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfa Beta
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandi. 2004. Edisi Ke-empat. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: ANDI.
Nella Octaviani. 2013. Publikasi Ilmiah. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kafe Kopi Miring Semarang.
Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,
Jakarta
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Sunyoto. 2013. Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Caps Publishing: Yogyakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta:
Erlangga.
Tjiptono Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, CV Andi Offset: Yogyakarta.
Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Kesatu, Pustakan Reka Cipta: Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.