Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Cabang Duta Mas Jakarta Barat

Authors

  • Heras Fatin Noveiana Viana Universitas Pamulang, Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen S1
  • Munarsih Munarsih Universitas Pamulang, Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen S1

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v8i1.42890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Cabang Duta Mas, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan J&T Express Cabang Duta Mas yang berjumlah 1.706 orang dengan sampel dengan Probability Sampling menggunakan rumus Slovin sebanyak 94 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian Kualitas Pelayanan  dan Harga  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan  dengan persamaan regresi Y = 9,377 + 0,254 X1 + 0,429 X2 Dengan Determinasi Sebesar 60,3%. Uji t parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung>ttabel atau (9,820>1,661) dan nilai signifikasi 0,000<0,05. Harga berpengaruh terhadap loyalitas dengan nilai thitung>ttabel atau (11,180>1,661) dan nilai signifikasi 0,000<0,05, Secara simultan kualitas pelayanan  dan harga  secara bersama-sama berpengaruh  terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai fhitung>ftabel atau (69,099>3,096) dan nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Chandra, Teddy., Stefani Chandra dan Layla Hafni. (2020). Service Quality, Cusotomer Loyalty : Tinjauan Teoritis. Cetakan Pertama. Malang : CV IRDH.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler, Philip, Keller, dan Kevin Lane. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta : Erlangga.

Safitri, Novi Angga. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : K-Media.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Pelanggan Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra (2020) Service, Quality dan Satisfaction (Edisi 5) : Penerbit Andi Yogyakarta

Tonce, Yosef dan Rangga, Y., D., P., (2022). Minat dan Loyalitas pelanggan : Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi kasus), Cetakan Pertama, Jawa Barat : CV. Adanu Abimata.

Downloads

Published

2024-12-29