Analisis Perbandingan Word Of Mouth Marketing dan Social Media Marketing dalam Menarik Minat Mahasiswa dalam Memilih Universitas (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Pamulang)

Authors

  • Ajimat Ajimat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4435

Keywords:

pemasaran, word of mouth marketing, social media marketing.

Abstract

Penelitian dilakukan sebagai upaya mengetahui perbandingan antara metode pemasaran yang paling efektif dalam menarik minat mahasiswa bergabung dengan Universitas Pamulang. Pendekatan kuantitatif digunakan srebagai metode penelitian ini. Adapun jumlah sampel sebanyak 1557 responden yang tersebar ke dalam 50 kelas. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara metode word of mouth marketing dengan social media marketing dalam menarik minat mahasiswa bergabung dengan Universitas Pamulang. Metode word of mouth marketing 1,5 kali lebih efektif dibandingkan dengan social media marketing. Pada penggunaan metode word of mouth marketing, perantara yang paling dominan dalam mempengaruhi pilihan mahasiswa adalah teman, disusul oleh tetangga dan keluarga. Pada penggunaan media social, instagram, facebook dan website adalah tiga besar media sosial yang paling berperan dalam social media marketing. Pada pengujian statistik untuk menguji perbedaan antara kedua metode tersebut, terlihat bahwa ada perbedaan antara metode word of mouth marketing dengan metode social media marketing dalam menarik minat kuliah di Universitas Pamulang.

References

Ajimat, A. (2019). PERAN KOMITMEN ORGANISASI DALAM PENGARUH NEGATIF TURNOVER INTENTION TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (Studi Kasus di Universitas Pamulang). Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1).

Ilham Adji Putra Pratama, I. (2017). Komunikasi Word of Mouth dan Keputusan Pembelian Produk Batik Bangkalan. Komunikasi Word of Mouth dan Keputusan Pembelian Produk Batik Bangkalan, 3(2), 285-295.

Joesyiana, K. (2018). THE EFFECT OF WORD OF MOUTH ON CONSUMER PURCHASING DECISIONS AT SHOPEE (ONLINE SHOP) IN PEKANBARU. VALUTA, 4(1), 71-85.

Kotler, P dan Garry A. (1998). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallinda

Mahdiasukma, P., & Fauzi, A. (2018). Pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Coffee Toffee cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(3), 55-63.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189.

Moriansyah, L. (2015). PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL: ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES SOCIAL MEDIA MARKETING: ANTECEDENTS AND CONSEQUENC-ES. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol, 19(3), 187-196.

Rangkuti, F. (2010). Spriritual Leadership in Business, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2020-02-18