Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital

Authors

  • Ade Onny Siagian Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rini Martiwi Universitas Bina sarana Informatika
  • Natal Indra Universitas Bina sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

Keywords:

Media Sosial, Inovasi, Pemasaran Internet

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui media sosial apa yang selalu digunakan dan manfaatnya terhadap pemasaran produk yang terdapat di media sosial. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi adalah siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 22 Jakarta jurusan pemasaran. Hasil temuan menunjukkan Media sosial paling banyak digunakan untuk pemasaran produk adalah Instagram 78%, Youtube 58%, Facebook 31%, Whatsapp 20%, Line 18%, Path 7% dan Twitter 2%. Media sosial telah sangat membantu siswa bahkan juga masyarakat dan para pengusaha dalam mempromosikan produk. Dengan hal ini terbukti banyaknya pengguna media sosial memberikan manfaat yang baik dalam hal pemasaran produk. Semakin majunya perkembangan teknologi bahkan dengan adanya media sosial membuat masyarakat khususnya pengusaha dapat menjangkau calon pembeli dengan mudah

References

Asriani, A. (2011). Pemanfaatan Internet Marketing dalam Pemsarana Produk Unggulan Pertanian Provinsi Gorontalo. Jurnal Komunikasi KAREBA No. 3 Vol. 1 , 249 - 257.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, V (2).

Gunelius, S. (2011). Social Media Marketing. United States: McGraw- Hill Companies.

Fauzi , V. P. (Februari 2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 3 No. 1, 1 - 15.

Kotler and Armstrong. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler and Armstrong. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid 2 edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kusumo, R. (2012). Pengaruh Media Sosial Terhadap Customer Retention (Studi Kasus Pada J.Co), Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Indonesia.

Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Newman, W L. (1997). Metode Penelitian Sosial Pendekatan kualitatif dan Kuantitatif. Boston: Allyn & Bacon

Nurian, L. (2016). Aktifitas Promosi Mikharisti Tampubolon. Strategi Promosi Coffee Shop Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Crematology), e-Proceeding of Management: 3 (2): 2421.

Sinurat, E. M. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 2230 - 2239, 2230 - 2239.

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Widyaningrum, E.D. (2012). Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo, Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Indonesia.

Wibowo, H. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29 (1): 59-66.Jumlah pengguna internet di Indonesia tembus 171 Juta Jiwa, Kompas.comGeoffrey Scott, D. A. R. C. M. (2013). Sustainability Accounting, Management and Policy Journal. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 4(3), 264–284. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-09-2013-0037

Downloads

Published

2020-06-06