Penerapan Strategi Diskriminasi Harga Pada Produk Agrikultur (Studi Kasus Pada Penjual Tanaman Hias di Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang)

Authors

  • Eristia Lidia Paramita Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah
  • Hana Febri Wahyuningtyas Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4663

Keywords:

Diskirminasi Harga, Tingakatan Diskriminasi Harga, Tahapan Diskriminasi Harga, Tanaman Hias.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi diskriminasi harga yang dilakukan penjual tanaman hias di Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah content analysis dan triangulasi sumber. Terdapat lima narasumber kunci dalam penelitian ini, yang semuanya merupakan penjual tanaman hias di Dukuh, Kopeng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjual tanaman hias telah menerapkan tiga tingkatan diskriminasi harga, yaitu dikriminasi harga tingkat satu, diskriminasi harga tingkat dua, diskriminasi harga tingkat tiga, namun terdapat satu tahapan diskriminasi harga yang belum dilakukan, yaitu membagi target market kedalam segmen yang lebih kecil. Meskipun terdapat tahapan yang belum dilakukan penjual, strategi diskriminasi harga ini tetap berjalan baik dan masih terus berdampak pada keuntungan ekonomis hingga sekarang

Author Biography

Eristia Lidia Paramita, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah

Department Management

References

Chang, X., Li, J., Rodriguez, D., & Su, Q. (2016). Agent-based simulation of pricing strategy for agri-products considering customer preference. International Journal of Production Research, 54(13), 3777–3795. https://doi.org/10.1080/00207543.2015.1120901

FEDEP - Barenlitbangda Kabupaten Semarang. (2014). Retrieved October 7, 2019, from http://barenlitbangda.semarangkab.go.id/52-sentra-unggulan-binaan-fedep.html

Griffiths, A., & Wall, S. (2005). Economics for Business & Management: A Student Text.

Hupperich, T., Wilkop, N., Tatang, D., & Holz, T. (2018). An empirical study on online price differentiation. CODASPY 2018 - Proceedings of the 8th ACM Conference on Data and Application Security and Privacy, 2018-Janua(March), 76–83. https://doi.org/10.1145/3176258.3176338

Hustic, I., & Gregurec, I. (2015). The influence of price on customer’s purchase decision. Central European Conference on Information and Intelligent Systems, 1–6.

Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM.CLOTHING. 1003–1011.

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management Fifteenth Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Luttmann, A. (2019). Evidence of directional price discrimination in the U.S. airline industry. International Journal of Industrial Organization, 62, 291–329. https://doi.org/10.1016/j.ijindorg.2018.03.013

Nagle, T. T., & Muller, G. (2018). The Strategy and Tactics of Pricing ( A Guide to Growing More Profitably) (6th ed.).

Poort, J., & Borgesius, F. J. Z. (2019). Does everyone have a price? Understanding people’s attitude towards online and offline price discrimination. Internet Policy Review, 8(1). https://doi.org/10.14763/2019.1.1383

Ricard, G., & Crichton, R. (2017). Munich Personal RePEc Archive As Seen on TV : Price Discrimination and Competition in Television Advertising As Seen on TV : Price Discrimination and Competition in Television Advertising. (75993).

Samosir, C. B. H., & Prayoga, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.22441/jimb.v1i3.570

Saragih, H. (2015). Analisis strategi penetapan harga dan pengaruhnya terhadap volume penjualan pada pt. nutricia indonsesia sejahtera medan. 1(2), 46–54.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(April), 1–9.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business. Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 3336–3336. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_102084

Simshauser, P. (2018). Price discrimination and the modes of failure in deregulated retail electricity markets. Energy Economics, 75, 54–70. https://doi.org/10.1016/j.eneco.2018.08.007

Sugiarto, I. (2016). Perspektif Ilmu Ekonomi Dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Terhadap Diskriminasi Harga. Jurnal Wawasan Yuridika, 33(2), 153. https://doi.org/10.25072/jwy.v33i2.101

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect of product quality, perceived price and brand image on purchase decision mediated by customer trust (study on japanese brand electronic product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179–194. https://doi.org/10.24912/jm.v21i2.230

Sumarwan, U. (2013). Riset pemasaran dan konsumen. (3), 978–979.

Waldfogel, J. (2015). First Degree Price Discrimination Goes to School. Journal of Industrial Economics, 63(4), 569–597. https://doi.org/10.1111/joie.12085

Whitfield, R. I., & Duffy, A. H. B. (2013). Extended revenue forecasting within a service industry. International Journal of Production Economics, 141(2), 505–518. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2011.11.015

Yelkur, R., & Nêveda Dacosta, M. M. (2001). Differential pricing and segmentation on the Internet: The case of hotels. Management Decision, 39(4), 252–262. https://doi.org/10.1108/00251740110391411

Downloads

Published

2020-06-02