Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822Keywords:
Kepercayaan, Citra Merek, Harga, KepuasanAbstract
Abstract. Ekosistem kemajuan teknologi informasi saat ini telah memasukin babak baru ditandai dengan munculnya perkembangan transportasi berbasis aplikasi. Saat ini, telah terjadi transformasi di bidang transportasi yang tidak disangka dapat menggantikan kebiasaan masyarakat menggunakan transportasi berbasis konvensional. Adapun tujuan utama dari penlitian ini adalah untuk mengetahui peran kepercayaan dalam menunjukkan hubungan citra merek dan harga terhadap kepuasan konsumen Gojek. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari objek penelitian menggunakan model survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yan digunakan sebagai responden sebanyak 100 orang. Data untuk analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas menggunakan outler model dan model struktural SEM sebagai representatif inner model. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kepercayaan tidak mampu menjadi mediasi hubungan antara citra merek kepada kepuasan konsumen. Selanjutnya variabel kepercayaan ternyata mampu menjadi mediasi hubungan antara harga kepada kepuasan konsumen
References
Andhini, A. and Khuzaini (2017) ‘Pengaruh Transaksi Online Shopping, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(7), pp. 1–23.
Andilala, Muh, E. A., Bachtiar, Fitra, A. and Saputra, M. C. (2018) ‘Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : GO-JEK Indonesia)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(4), pp. 1638–1647.
Basuki, K. and Devi, N. (2016) ‘Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Dengan Kepercayaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Allianza Life Indonesia di Jakarta’, Media Manajemen Masa, 3(2), pp. 74–88.
Cooper dan Emory, 1996. Metode Penelitian Bisnis, Jakarta:Erlangga.
Fatoni, A. N. (2018) ‘Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Distro di Yogyakarta’, Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), pp. 53–62.
Harjati, L. and Venesia, Y. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala’, E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(2015), pp. 64–74.
Harjunawati, S. and Hendrasih, I. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelaggan’, Aktiva: Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2(2), pp. 1–10.
Hartono, A. and Wahyono (2015) ‘Pengaruh Citra Merek dan Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening’, Management Analysis Journal, 4(2), pp. 153–162. doi: 10.15294/maj.v4i2.7824.
Haryoko, U. B., Septiani, F. and Risnalinda (2020) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), pp. 40–47.
Haryono, N. and Octavia, R. (2020) ‘Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen’, INDEPT, 4(1), pp. 20–27.
Hasibuan, A. et al. 2020. E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Cetakan 1. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Kathan, W., Matzler, K. and Veider, V. (2016) ‘The sharing economy: Your business model’s friend or foe?’, Business Horizons. Kelley School of Business, Indiana University, 59(6), pp. 663–672. doi: 10.1016/j.bushor.2016.06.006.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi XII, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin lane Keller..2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati, D., Suharyono and Kusumuwati, A. (2014) ‘Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan’, Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), pp. 1–9. Available at: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/583.
Kuswanto, A. et al. (2019) ‘The determinants of customer loyalty in the Indonesian ride-sharing services: offline vs online’, Innovation & Management Review, ahead-of-p(ahead-of-print). doi: 10.1108/inmr-05-2019-0063.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemaasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Maulana, A. S. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI’, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 7(2), pp. 113–125. doi: 10.36226/jrmb.v4i1.240.
Mowen, Jhon C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Prasetio, A. (2012) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan’, Management Analysis Journal, 1(4), pp. 37–44. doi: 10.36226/jrmb.v4i1.240.
Prasetya, C. H. A., Kumadji, S. and Yulianto, E. (2014) ‘Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(2), p. 84754.
Pratama, D. W. and Santoso, S. B. (2018) ‘Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original’, Diponegoro Journal of Management, 7(2), pp. 1–11.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Purnamasari, Y. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015’, Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), pp. 1–12.
Rahmidani, R., Kurniawati, T. and Hanifa, O. (2018) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasipada Mahasiswa Universitas Negeri Padang’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(4), pp. 794–803.
Rivai, A. R. and Wahyudi, T. A. (2019) ‘Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi’, KALBISOCIO: Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 4(2), pp. 307–316. doi: 10.36226/jrmb.v4i2.271.
Semuel, H. and Wijaya, V. (2017) ‘Analisis Kepercayaan, Motivasi Dan Kepuasan Orang Tua Siswa Sma Kristen Petra 1 Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), pp. 1–10. doi: 10.9744/pemasaran.11.1.1-10.
Soelasih, Y. (2016) ‘Pengaruh Experiental Marketing dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bisnis’, MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(3), pp. 387–398.
Sudirman, A., Efendi, Sri, H. 2020. Kontribusi Harga dan Kepercayaan Konsumen Untuk Membentuk Kepuasan Pengguna Transportasi Berbasis Aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2).
Sulistiyana, R. T., Hamid, D. and Azizah, D. F. (2015) ‘Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), p. 86214.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sutisna dan Prawita. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sutrisno, Cahyono, D. and Qomariah, N. (2017) ‘Analisis Kualitas Pelayanan , Kepercayaan serta Citra Koperasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota’, Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, 7(2), pp. 157–174.
Usvela, E., Qomariah, N. and Wibowo, Y. G. (2019) ‘Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoensia, 5(2), pp. 300–312.
Utami, S. (2015) ‘THE INFLUENCE OF CUSTOMERS ’ TRUST ON CUSTOMER LOYALTY’, International Journal of Economics and Management, III(7), pp. 638–653. Available at: http://ijecm.co.uk/.
Walandouw, G., Mekel, P. and Soegoto, A. (2014) ‘Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Nasabah Bertransaksi E-Banking Melalui Kartu Debit Taplus Bni’, Jurnal Emba, 2(2), pp. 1261–1271.
Wijaya, V. S. and Wismantoro, Y. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Nasabah Asuransi Jiwasraya Cabang Kudus’, Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, 2(2), pp. 101–113. doi: 10.33633/jpeb.v2i2.2276.
www.topbrand-award.com. Html. (diakses pada Maret 2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.