Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery

Authors

  • Rahmad Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.5141

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Minat Beli dan Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, dan promosi terhadap minat beli serta mengetahui pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Aprilia Bakery, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan Teknik analisis data menggunakan analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai regresi beta 0,539X1, nilai korelasi = 0,594, dan signifikansi (0,000 < 0,05). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai regresi beta 0,229X2, nilai korelasi = 0,359, dan signifikansi (0,006 < 0,05). Kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai R Square = 40,2% dan nilai Fhitung 32,622 > Ftabel 3,09 (0,000 < 0,05). Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dapat dibuktikan berdasarkan persamaan regresi linier sederhana Z=20,277+0,593Y, nilai korelasi = 0,567, nilai R Square = 32,1%, dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).

References

Darmadi & Setiawan, R. (2020), “Analisis Implementasi Global Vision Melalui Straregi Pemasaran Perusahaan Roti Maulana Bakery Yang Berimplikasi Pada Daya Saingâ€, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2. No. 2.

Ferdinand, A. (2012), “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Program Magister Manajemenâ€, Semarang: Universitas Diponegoro.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovationâ€. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 2. No. 3.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Saladin, D. (2010), “Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaanâ€, Edisi Lima, Bandung: Linda Karya.

Sciffman & Kanuk, (2013), “Perilaku Konsumenâ€, Edisi ke 7, Jakarta: PT Indeks.

Sofjan, A. (2012). “Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Valueâ€. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&Bâ€. Bandung: Aflabeta.

Tjiptono, F. (2014). “Pemasaran Jasaâ€. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2020-06-09