Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.5141Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Minat Beli dan Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, dan promosi terhadap minat beli serta mengetahui pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Aprilia Bakery, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan Teknik analisis data menggunakan analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai regresi beta 0,539X1, nilai korelasi = 0,594, dan signifikansi (0,000 < 0,05). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai regresi beta 0,229X2, nilai korelasi = 0,359, dan signifikansi (0,006 < 0,05). Kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai R Square = 40,2% dan nilai Fhitung 32,622 > Ftabel 3,09 (0,000 < 0,05). Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dapat dibuktikan berdasarkan persamaan regresi linier sederhana Z=20,277+0,593Y, nilai korelasi = 0,567, nilai R Square = 32,1%, dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).References
Darmadi & Setiawan, R. (2020), “Analisis Implementasi Global Vision Melalui Straregi Pemasaran Perusahaan Roti Maulana Bakery Yang Berimplikasi Pada Daya Saingâ€, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2. No. 2.
Ferdinand, A. (2012), “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Program Magister Manajemenâ€, Semarang: Universitas Diponegoro.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovationâ€. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 2. No. 3.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Saladin, D. (2010), “Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaanâ€, Edisi Lima, Bandung: Linda Karya.
Sciffman & Kanuk, (2013), “Perilaku Konsumenâ€, Edisi ke 7, Jakarta: PT Indeks.
Sofjan, A. (2012). “Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Valueâ€. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&Bâ€. Bandung: Aflabeta.
Tjiptono, F. (2014). “Pemasaran Jasaâ€. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.