Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.6535Keywords:
Store Atmosphere, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada PT. Dunia Makmur Jaya (BreadLife) Tbk cabang Bintaro Exchange. Jenis penelitian adalah penelitian assosiatif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data disebarkan kepada konsumen Toko Roti Breadlife cabang Bintaro Exchange sebagai obyek penelitian.Teknik sampel menggunakan rumus slovin, tingkat kesalahan 10% diperoleh sampel penelitian 96 responden.Teknik Analisis Data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesismenggunakan SPSS21. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosphereterhadap minat beli konsumendenganpersamaan regresi Y = 9,885+ 0,758X. Store atmospharemempengaruhi minat beli sebesar 73,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji t sebesar 4,790 > 1,6612, dan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara store atmosphrereterhadap minat beli.
References
Adi, Ignatius Venta Wijaya. (2015). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan lokasi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Distro KoffinStore di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Ariyanto, Noval M, dkk. (2016). Pengaruh Store Atmosphere dan Atribut Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cab. Jember) Vol, 2, No. 1, Edisi Juni 2016. No. ISSN : 2460-9471. Jurnal. Jember : Universitas Muhammadiyah
Berman, Barry and Joel R. Evans. (2014). Retail Management (dialih bahasakan oleh Lina Salim) 12th Edition. Jakarta : Pearson
____________________________ (2017). Retail Management: A Retail Approach. United Kingdom : Pearson
Buchari, Alma. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta
Bukhani, Z. T., & Lesmana, R. (2020). Analisis Faktor Normatif Dan Informatif Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Yogya Kota Kuningan Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4).
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.
Handoko, Hani T. (2013). Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPPE
Hasibuan, Malayu, S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
_____________(2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Julianti, Ni Luh, Made Nuridja & Made Ary Metriana. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,Vol 4 No. 1
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lamb. (2012). Manajemen Pemasaran (dialih bahasakan oleh Bob Sabran). Jakarta : Erlangga
Lesmana, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk.(Persero). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(1).
Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama). INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2), 40-59.
Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).
Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).
Meldarianda, Resti dan Hengky Lisan. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minatbeli Konsumen pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Ekonomi (JBE) Vol 17 No. 2, 97-108
Oentoro, Deliyanti. (2010) Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 12, Yogyakarta : LaksBang PRESSindo
Siagian, S.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana. (2011). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.ng
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Edisi Cetakan Dua Puluh Dua. Bandung: CV Alfabeta
_____, (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Supangat, Andi. (2010). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
Tjiptiono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Tjiptono, Fandy. (2015).Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Utami, Chrsitina Widya. (2017). Manajemen Ritel Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat
Veronika. (2016). Pengaruh Iklan dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen, dengan Minta Beli sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
Widiastuti, Okta. (2017). Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Produk dengan Minat beli Bedak Muka Sariayu pada Mahasiswi di Universitas Mercubuana Yogyakarta . Skripsi thesis. Yogyakarta : Universitas Mercubuana
Wulandari, Dian Pertiwi dan Maya Arianti. (2019). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Sejiwa Coffee.Jurnal Mitra Manajemen, Vol 3 No. 1, 57-71
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.