Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange

Authors

  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.6535

Keywords:

Store Atmosphere, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada  PT. Dunia Makmur Jaya (BreadLife) Tbk cabang Bintaro Exchange. Jenis penelitian adalah penelitian assosiatif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data disebarkan kepada konsumen Toko Roti Breadlife cabang Bintaro Exchange sebagai obyek penelitian.Teknik sampel menggunakan rumus slovin, tingkat kesalahan 10% diperoleh sampel penelitian 96 responden.Teknik Analisis Data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesismenggunakan SPSS21. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosphereterhadap  minat beli konsumendenganpersamaan regresi Y = 9,885+ 0,758X. Store atmospharemempengaruhi minat beli sebesar 73,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji t sebesar 4,790 > 1,6612, dan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara store atmosphrereterhadap minat beli.

 

References

Adi, Ignatius Venta Wijaya. (2015). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan lokasi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Distro KoffinStore di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Ariyanto, Noval M, dkk. (2016). Pengaruh Store Atmosphere dan Atribut Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cab. Jember) Vol, 2, No. 1, Edisi Juni 2016. No. ISSN : 2460-9471. Jurnal. Jember : Universitas Muhammadiyah

Berman, Barry and Joel R. Evans. (2014). Retail Management (dialih bahasakan oleh Lina Salim) 12th Edition. Jakarta : Pearson

____________________________ (2017). Retail Management: A Retail Approach. United Kingdom : Pearson

Buchari, Alma. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta

Bukhani, Z. T., & Lesmana, R. (2020). Analisis Faktor Normatif Dan Informatif Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Yogya Kota Kuningan Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4).

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Handoko, Hani T. (2013). Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPPE

Hasibuan, Malayu, S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

_____________(2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Julianti, Ni Luh, Made Nuridja & Made Ary Metriana. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,Vol 4 No. 1

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lamb. (2012). Manajemen Pemasaran (dialih bahasakan oleh Bob Sabran). Jakarta : Erlangga

Lesmana, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk.(Persero). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(1).

Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama). INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2), 40-59.

Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).

Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Meldarianda, Resti dan Hengky Lisan. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minatbeli Konsumen pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Ekonomi (JBE) Vol 17 No. 2, 97-108

Oentoro, Deliyanti. (2010) Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 12, Yogyakarta : LaksBang PRESSindo

Siagian, S.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. (2011). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.ng

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Edisi Cetakan Dua Puluh Dua. Bandung: CV Alfabeta

_____, (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Supangat, Andi. (2010). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).

Tjiptiono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Tjiptono, Fandy. (2015).Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Utami, Chrsitina Widya. (2017). Manajemen Ritel Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat

Veronika. (2016). Pengaruh Iklan dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen, dengan Minta Beli sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Widiastuti, Okta. (2017). Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Produk dengan Minat beli Bedak Muka Sariayu pada Mahasiswi di Universitas Mercubuana Yogyakarta . Skripsi thesis. Yogyakarta : Universitas Mercubuana

Wulandari, Dian Pertiwi dan Maya Arianti. (2019). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Sejiwa Coffee.Jurnal Mitra Manajemen, Vol 3 No. 1, 57-71

Downloads

Published

2020-10-01