Loyalitas Merek Pada Produk Mie Samyang di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.6541Keywords:
Ekuitas Merek, Minat Beli, Loyalitas MerekAbstract
Mie Samyang adalah merek mie instan kekinian yang berasal dari korea dan digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui loyalitas merek pada produk mie korea samyang yang dilakukan oleh konsumen saat berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diakibatkan oleh virus Covid 19 yang terjadi di Jakarta. Pembelian dan pembelanjaan konsumen pada saat diberlakukannya PSBB, akan sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada suatu merek produk. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan instrumen pertanyaan yang terstruktur dengan menggunakan google form, yang kemudian dioleh dengan menggunakan SPSS. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 80 responden dengan kriteria pernah mengkonsumsi mie Samyang dengan batasan umur 12 hingga 30 tahun. Untuk menunjang penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Convenience Sampling dalam pengambilan data penelitian. Sedangkan untuk menganalisis datanya dilakukan adalah dengan melakukan deskriptif kuantitatif pada variabel tingkatan loyalitas pelanggan yang suka berpindah,kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian, Kepuasan pembeli agar tidak beralih, Kesukaan terhadap Merek, dan Komitmen pelanggan terhadap merek produk dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pelanggan kurang loyal terhadap pembelian mie Samyang, pelanggan sering berpindah produk dan pembeli yang memiliki komitmen untuk melakukan pembelian pun rendah.
References
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Hartanto, E. (2020). Penarikan Sampel Penelitian. academia.edu. https://www.academia.edu/12977584/Penarikan_Sampel_Penelitian
Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. (A. Maulana & W. Hardani, Eds.) (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kadim, A., Sunardi, N., & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy. Accounting, 6(5), 859-870.
Nabilla, S. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Minat Beli Terhadap Loyalitas Merek. Riset Sains Manajemen, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039299
Nursaman, E., Sumarwan, U., & Djohar, S. (2014). Ekuitas Merek Jasa Gerai Buah-buahan Berdasarkan Persepsi Konsumen. Manajemen Dan Agribisnis, 11(2), 89–99. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/9046/7111
Putri, S. N., Kusumaningrum, & Arijanto, S. (2014). Pengukuran BrandEquityJasa Pengiriman Barang Di PT. Pos Indonesia (Persero). Online Institut Teknologi Nasional, 02(03), 2338–5081.
Lesmana, R., & Nabila, N. I. (2020, June). Analisis Loyalitas Wisatawan Lokal Melalui Kepuasan Wisatawan Studi Kasus Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).
Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.
Samsudin, S. (2019). Analisis Loyalitas Pelanggan Di Pt Nutrifood, Kotamadya Bogor. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 179–193. https://doi.org/10.31334/trans.v1i2.302
Susanto, K., Ferdinand, H., Gunawan, R., & Sihombing, S. O. (2018). Loyalitas Merek Pada Jasa Penerbangan: Suatu Studi Empiris. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.5553
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: ANDI.
Widadi, R. H. S., & Wadji, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan Klinik Saraf Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R.M. Soedjarwadi. Jurnal Manajemen DayaSaing, 17(1), 28–37. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/2270/1540
Widoyoko, S. E. P. (2017). Teknik Penyusun Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.