Loyalitas Merek Pada Produk Mie Samyang di Jakarta

Authors

  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yumi Novita Dewi Sekolah Tinggi Manajamen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.6541

Keywords:

Ekuitas Merek, Minat Beli, Loyalitas Merek

Abstract

Mie Samyang adalah merek mie instan kekinian yang berasal dari korea dan digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui loyalitas merek pada produk mie korea samyang yang dilakukan oleh konsumen saat berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diakibatkan oleh virus Covid 19 yang terjadi di Jakarta. Pembelian dan pembelanjaan konsumen pada saat diberlakukannya PSBB, akan sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada suatu merek produk. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan instrumen pertanyaan yang terstruktur dengan menggunakan google form, yang kemudian dioleh dengan menggunakan SPSS.  Peneliti menggunakan sampel sebanyak 80 responden dengan kriteria pernah mengkonsumsi mie Samyang dengan batasan umur  12 hingga 30 tahun. Untuk menunjang penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Convenience Sampling dalam pengambilan data penelitian. Sedangkan untuk menganalisis datanya dilakukan adalah dengan melakukan deskriptif kuantitatif pada variabel tingkatan loyalitas pelanggan yang suka berpindah,kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian, Kepuasan pembeli agar tidak beralih, Kesukaan terhadap Merek, dan Komitmen pelanggan terhadap merek produk dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pelanggan kurang loyal terhadap pembelian mie Samyang, pelanggan sering berpindah produk dan pembeli yang memiliki komitmen untuk melakukan pembelian pun rendah.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Hartanto, E. (2020). Penarikan Sampel Penelitian. academia.edu. https://www.academia.edu/12977584/Penarikan_Sampel_Penelitian

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. (A. Maulana & W. Hardani, Eds.) (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kadim, A., Sunardi, N., & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy. Accounting, 6(5), 859-870.

Nabilla, S. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Minat Beli Terhadap Loyalitas Merek. Riset Sains Manajemen, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039299

Nursaman, E., Sumarwan, U., & Djohar, S. (2014). Ekuitas Merek Jasa Gerai Buah-buahan Berdasarkan Persepsi Konsumen. Manajemen Dan Agribisnis, 11(2), 89–99. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/9046/7111

Putri, S. N., Kusumaningrum, & Arijanto, S. (2014). Pengukuran BrandEquityJasa Pengiriman Barang Di PT. Pos Indonesia (Persero). Online Institut Teknologi Nasional, 02(03), 2338–5081.

Lesmana, R., & Nabila, N. I. (2020, June). Analisis Loyalitas Wisatawan Lokal Melalui Kepuasan Wisatawan Studi Kasus Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Samsudin, S. (2019). Analisis Loyalitas Pelanggan Di Pt Nutrifood, Kotamadya Bogor. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 179–193. https://doi.org/10.31334/trans.v1i2.302

Susanto, K., Ferdinand, H., Gunawan, R., & Sihombing, S. O. (2018). Loyalitas Merek Pada Jasa Penerbangan: Suatu Studi Empiris. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.5553

Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: ANDI.

Widadi, R. H. S., & Wadji, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan Klinik Saraf Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R.M. Soedjarwadi. Jurnal Manajemen DayaSaing, 17(1), 28–37. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/2270/1540

Widoyoko, S. E. P. (2017). Teknik Penyusun Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-10-01