PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HYPERMART WTC SERPONG

Authors

  • Agus - Sulaiman

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.673

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Hypermart WTC Serpong. Sampel yang di gunakan sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan dari Hypermart WTC serpong. Teknik sampling menggunakan accidental sampling.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  berupa angka-angka, dan menggunakan pendekatan asosiatif, data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban para responden atas kuesioner yang sudah disebar oleh peneliti.

Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen kualitas pelayanan (X1), dan kualitas produk (X2). Metode analisa yang diunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara silmutan (bersama – sama) yang sifnifikan pada kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 0,600. Pada uji determinasi terdapat kontribusi sebesar 36% pada variabel independen (kualitas pelayanan, kualitas produk ) terhadap vaiabel dependen (kepuasan pelanggan). Sedangkan sebanyak 64% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci : kualitas pelayanan kualitas produk kepuasan pelanggan

Downloads

Published

2017-10-26