PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAJALAH MEDIA ASURANSI (Studi Kasus: PT. Media Asuransi Indonesia)

Authors

  • Suharni - Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.674

Abstract

ABSTRAK

 

Persaingan yang ketat ini menuntut perusahaan media masa (khususnya media cetak majalah Media Asuransi) untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing, seperti dalam aspek kualitas produk serta pelayanan yang sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas produk, keputusan pembelian majalah Media Asuransi, serta menganalisa apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada kualitas produk dengan keputusan pembelian majalah Media Asuransi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 84 responden yang merupakan konsumen majalah Media Asuransi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian, persamaan regresi adalah Y=13,07+0,19X, maka diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,523 dengan demikian terdapat hubungan positif yang sedang antara variabel X dan Y. Untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh digunakan Koefisien Determinasi (KD) yang diperoleh 27,35%, hal ini membuktikan bahwa besarnya pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian sebesar 27,35% dan sisanya sebesar 72,65 % dipengaruhi beberapa faktor lain. Berdasarkan hasil pengujian uji hipotesis maka t hitung 6,523 > dari t tabel 1,99 yang artinya bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya Kualitas Produk (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dari hasil observasi lapangan dan wawancara, faktor-faktor yang menjadi penyebab naik turunya keputusan pembelian antara lain dari aspek kualitas pelayanan, seperti kesesuaian harga, fiture, serta konsistensi dalam hal kecepatan waktu dalam pengiriman majalah Media Asuransi  ke pada konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2017-10-26