Analisis SWOT pada Strategi Bisnis Kompetensi Kepuasan Pelanggan (Study Kasus pada Customer dari PT. Protekindo Sanita, Kab.Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.6741Keywords:
Analisis SWOT, Covid-19, Hand Sanitizer, Stategi BisnisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apa saja yang akan terjadi dari strategi bisnis kompetensi pasar khususnya pada customer dari PT Protekindo Sanita, Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatnya jumlah permintaan produk hand sanitizer yang disebabkan terjadinya pandemi virus Covid-19 yang mengharuskan memakai hand sanitizer sebagai salah satu upaya mengurangi kasus penyebaran virus Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah customer hotel dan restoran yang menggunakan poduk hand sanitizer. Dengan menggunakan teknik sampling, data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pemakaian produk hand sanitizer memiliki keunggulan yaitu mudah saat digunakan dan tanpa melalui proses bilas. Adapun terdapat kelemahannya seperti susah didapat dan mulai langka karna bahan baku yang semakin jarang membuat produk ini mengalami peningkatan harga jual. Gaya hidup masyarakat yang selalu bertransaksi online dan akan ada penambahan antar online menjadi peluang pasar dalam peningkatan kualitas layanan produk. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti kualitas produk pesaing yang lebih unggul dan bebas antar.
References
Angkasa WI, Hubeis M, dan Pandjaitan NK. 2012. Strategi dan Kelayakan Pengembangan Lembaga Intermediasi untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal Manajemen IKM, September 2012 Vol. 7 no. 2 hal95-101.
Bukhani, Z. T., & Lesmana, R. (2020). Analisis Faktor Normatif dan Informatif Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Yogya Kota Kuningan Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4).
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
Arif W. 2014. Label untuk Produk Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk Pengusaha Industri Rumah Tangga (PIRT) di Kabupaten Bogor. Seminar hasil penelitian Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, siapterbit.
Assauri Sofyan. 1999. Manajemen Produksi. Edisi Revisi. Jakarta (ID). UI Press.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2013. Jumlah Penduduk Usia 15-65 Tahun. (Desember 2013) [Internet].(Diakses pada Desember 2013).Tersedia pada http://www.bps.go.id . Jakarta(ID).
Chatarine VA. 2012. Strategi Pengembangan Bisnis Buah Semangka pada CV Salim Abadi, Kabupaten Lampung Tengah, provinsi Lampung.[Skripsi]. Program Sarjana Ekonomi Manajemen, Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Bogor (ID) :IPB
Data Statistik Indonesia. 2014. Proyeksi Penduduk Indonesia menurut kelompok Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2010-2015). [Internet]. (Diakses pada Januari 2014). Tersedia pada: http://www.datastatistik-Indonesia.com. Jakarta (ID).
David FR. 2010. Strategic Management – Manajemen Strategis Konsep. Edisi Keduabelas. Jakarta (ID) : Salemba Empat.
Dwianto AW. 2007. Analisis Ekuitas Merek Produk Handsanitizer Antis. [Tesis]. Program Studi Magister Bisnis, Pascasarjana. Bogor (ID): IPB
Kotler P,Amstrong G. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jilid 1. Jakarta (ID) :Erlangga.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.
Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama). INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2), 40-59.
Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).
Moerdiyanto. 2008. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta (ID) : UNY Press.
Nasir, Bintoro MH, Limbong WH. 2012. Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Beras Cimanuk Melalui Peningkatan Mutu oleh PD Jaya Saputra Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jurnal Manajemen IKM, September 2012 Vol. 7 no. 2 hal 102-110.
Nainggolan TY, Sumantadinata K, Suryani A. 2010. Strategi Pengembangan Usaha “Nilla Puff “ dalam Meningkatkan Pendapatan IKM Pengolahan Hasil Perikanan pada CV “X†di Cibinong Bogor. Jurnal Manajemen IKM, September 2010 Vol.5 no.2 hal132-144
Ostewalder A, Pigneur, Yves. 2010. Business Model Generation. United States of America (US) : John Willey & sons, Inc., Hoboken, NewJersey.
Pemerintah Jakarta. 2012. Penduduk DKI Capai 9,6 Juta jiwa. [Internet]. Tersedia pada: http:/www.Jakarta.go.id/v2/news/2012/II/penduduk-dki-capai-9,6-juta-jiwa.
Rangkuti, Fredy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta (ID) : PT Gramedia Pustaka Utama.
Singrimbun, Masri dan Efendi, Sofyan. 1987. Metode Penelitian Survai. Jogjakarta (ID) : LP3S.
Sutrisno A, Basith A, dan Wijaya NH. 2013. Analisis Strategi Penerapan Sistem
Manajemen Keamanan Pangan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) di PT Sierad Produced Tbk. Parung. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol IV (2) : 73-90.
Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta (ID) : PT GramediaPustaka.
Walpole RE. 1993. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta (ID) : PT Gramaedia Pustaka Utama.
Widyastuti, AS. 2013. Aplikasi Minyak Atsiri pada Pembuatan Produk pembersih Tangan (Handsanitizer). [Skripsi]. Program Sarjana Teknologi Pertanian, Departemen Teknologi Industri Pertanian. Bogor (ID) : IPB
Zetiara, Alzara. 2014. Aplikasi Gel Aloevera dan Gliserin sebagai pelembab pada Produk Pembersih Tangan (Handsanitizer). [Skripsi]. Program Sarjana Teknologi Pertanian, Departemen Teknologi Industri Pertanian. Bogor (ID) : IPB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.