PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ASTELLAS PHARMA INDONESIA AREA DEPOK

Authors

  • Novia - Susanti
  • achnad - ichsan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.675

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (variabel X) dengan kepuasan pelanggan (variabel Y). Hipotesis penelitian yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada PT. Astellas Pharma Indonesia Area Depok.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data kuantitatif karena penyajian analisisnya dalam angka – angka yang dapat diukur dan dihitung melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah apotik yang melakukan pembelian pada kurun waktu bulan Januari tahun 2009 sampai dengan bulan Desember tahun 2015 yang berjumlah 581 apotik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling sehingga setelah dihitung, sampel yang diteliti oleh penulis adalah 85 orang/responden.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan tidak  terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien korelasi sebesar   Untuk uji koefisien determinasi (KD= r². 100%) didapat hasil sebesar = 0,005625% yang artinya besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,005625% sedangkan sisanya 99,994375% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Untuk uji signifikan t hitung didapat hasil sebesar = 0,0683 yang artinya tidak dapat pengaruh korelasi yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan karena nilai t hitung   0,0683 lebih kecil dari nilai t tabel 1,98896. Dan Uji Regresi Linear Sederhana didapat hasil Persamaan regresi Y = 31,7636 + 0,0003889 (X) artinya, jika kualitas pelayanan bertambah satu-satuan maka kepuasan pelanggan akan bertambah 0,0003889 dan jika kualitas pelayanan ditingkatkan atau bertambah 10 maka kepuasan pelanggan akan bertambah 0,003889 dengan total kepuasan pelanggan menjadi Y =  31,7636+ 0,0003889 (10) = 31,7675

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2017-10-26