PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PANEL LISTRIK PADA PT. CAKRA RAYA TEKNOLOGI DI TANGERANG KOTA

Authors

  • Cornelia Dumarya Manik
  • Edih - -

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.678

Abstract

ABSTRAK

            Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui harga yang diberikan oleh PT. Cakra Raya Teknologi, 2) Untuk mengetahui keputusan pembelian pada PT. Cakra Raya Teknologi, dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian.

            Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Populaasi pelanggan PT. Cakra Raya Teknologi dengan jumlah populasi sebanyak 79 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari harga sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ skala Likert. Analisis data menggunakan analisis uji koefisien product moment, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi (KD), uji signifikasi.

            Berdasarkan hasil analisis koefisien kolerasi sebesar r = 0,7236, maka dilihat dari tabel termasuk kedalam interval 0,60-0,799 dengan tingkat pengaruh KUAT, regresi linier sederhana diperoleh Y = 15,7 + 0,626 X. Uji koefisien determinasi KD = 52,35% menunjukan bahwa kontribusi penetapan harga panel listrik terhadap keputusan pembelian pada PT. Cakra Raya Teknologi 52,35% sedangkan selebihnya yaitu sebesar 47,65% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji signifikasi diketahui bahwa > atau 9,20 > 1,6649 yang artinya bahwa  ditolak dan  diterima. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah  terdapat pengaruh yang signifikan antara Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian Panel Listrik pada PT. Cakra Raya Teknologi di Tangerang Kota.

 

Kata Kunci : Penetapan Harga, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2017-10-26