Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar

Authors

  • Eka Septiana Sulistiyawati Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Anna Widayani Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Keywords:

Promosi, Marketplace Shopee, UMKM.

Abstract

Marketplace Shopee merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Marketplace Shopee saat ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk promosi penjualan. Di kota Blitar sendiri UMKM yang sudah memanfaatkan Shopee sebagai media promosi penjualan yaitu UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan bahwa marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan d UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar masih belum maksimal. Marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan di UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar harus lebih ditingkatkan lagi agar admin dapat melayani para konsumen dengan lebih maksimal agar daya beli konsumen meningkat.

References

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. Retrieved from www.apjii.or.id

As’ari, A. H. (2008). Peran UKM Terhadap Pertumbhan Ekonomi Indonesia. Jakarta: Harian Bisnis Indonesia.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Bachdar, S. (2018). Mengapa Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Sering Diakses?No Title. Retrieved May 20, 2019, from https://marketeers.com/mengapa-Shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-sering-diakses/

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 731. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2504

Buchari, A. (2006). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008.

Kotler, P. 2006. (n.d.). Manajemen Pemasaran. Edisi ke dua belas jilid kedua. Dialih bahasakan oleh Benyamin Molan. (Jakarta: Penerbit Indeks, Ed.).

Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The effects of social media on e-commerce: A perspective of social impact theory. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1814–1823. https://doi.org/10.1109/HICSS.2012.564

Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Salemba Empat: Jakarta.

Rahmati. (2009). Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia. Retrieved from http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalam-bisnis-di.html.

Siregar, R. R. (2010). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce. Retrieved from https://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/.

Sutrisno, J. (2011). Strategi Pengembangan Teknologi E-ommerce dengan Metode SWOT. Jurnal Telematika MKOM, 3(2), 44–50.

Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).

Sunardi, N., Lesmana, R., & Tumanggor, M. (2018). Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Iman Dan Taqwa Masyarakat Dusun Panyeredan, Cimanggu, Cisalak, Subang–Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 131-140.

Usmara, U. (2008). Pemikiran Kreatif Pemasaran (Yogyakarta: Amara Books, Ed.).

Widayani, A., Astuti, E. S., & Saifi, M. (2020). Competence and readiness of small and medium industries against of industrial revolution 4.0. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012114

Downloads

Published

2020-10-01