Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087Keywords:
Promosi, Marketplace Shopee, UMKM.Abstract
Marketplace Shopee merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Marketplace Shopee saat ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk promosi penjualan. Di kota Blitar sendiri UMKM yang sudah memanfaatkan Shopee sebagai media promosi penjualan yaitu UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan bahwa marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan d UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar masih belum maksimal. Marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan di UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar harus lebih ditingkatkan lagi agar admin dapat melayani para konsumen dengan lebih maksimal agar daya beli konsumen meningkat.
References
APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. Retrieved from www.apjii.or.id
As’ari, A. H. (2008). Peran UKM Terhadap Pertumbhan Ekonomi Indonesia. Jakarta: Harian Bisnis Indonesia.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Bachdar, S. (2018). Mengapa Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Sering Diakses?No Title. Retrieved May 20, 2019, from https://marketeers.com/mengapa-Shopee-jadi-e-commerce-yang-paling-sering-diakses/
Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 731. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2504
Buchari, A. (2006). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008.
Kotler, P. 2006. (n.d.). Manajemen Pemasaran. Edisi ke dua belas jilid kedua. Dialih bahasakan oleh Benyamin Molan. (Jakarta: Penerbit Indeks, Ed.).
Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The effects of social media on e-commerce: A perspective of social impact theory. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1814–1823. https://doi.org/10.1109/HICSS.2012.564
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Lesmana, R. (2015). analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perumahan green river city bekasi (study kasus di pt. artha bangun pratama) (Doctoral dissertation, Universitas Pamulang).
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Salemba Empat: Jakarta.
Rahmati. (2009). Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia. Retrieved from http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalam-bisnis-di.html.
Siregar, R. R. (2010). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce. Retrieved from https://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/.
Sutrisno, J. (2011). Strategi Pengembangan Teknologi E-ommerce dengan Metode SWOT. Jurnal Telematika MKOM, 3(2), 44–50.
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019, January). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
Sunardi, N., Lesmana, R., & Tumanggor, M. (2018). Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Iman Dan Taqwa Masyarakat Dusun Panyeredan, Cimanggu, Cisalak, Subang–Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 131-140.
Usmara, U. (2008). Pemikiran Kreatif Pemasaran (Yogyakarta: Amara Books, Ed.).
Widayani, A., Astuti, E. S., & Saifi, M. (2020). Competence and readiness of small and medium industries against of industrial revolution 4.0. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012114
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.