Desain dan Pengembangan dalam Meningkatkan Citra Pasar Tradisional di Era Disrupsi pada Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Fahmi Susanti Universitas Pamulang
  • Derizka Inva Jaswita Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7383

Keywords:

IFAS, pengembangan, pasar tradisional, SWOT

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis formasi serta pengembangan pasar tradisional pada kota Tangerang Selatan. Objek yang diteliti ialah empat pasar tradisional di kota ini. Metode penelitian yang dipakai kombinasi methode. Teknik pengumpulan data tanyajawab narasumber ,serta pemantauan area secara langsung. Metode analisis data 1)validasi konstruk yaitu triangulasi sumber serta triangulasi metode 2)analisisSWOT.Hasil menunjukkan : belum dilakukannya pengembangan pasar tradisional di kota Tangerang Selatan belum sesuai Perpres No 112 tahun 2007. Dapat disimpulkan bahwa tatanan serta pengembangan representasi pasar tradisional belum diupayakan semaksimalnya sehingga citranya masih dipandang sebelah mata.

 

References

Lukito, Y. N. (2018). Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional Melalui Pendekatan Desain dan Interaksi Pengguna Ruang. Yogyakarta: Deepublish (grup penerbitan CV BUDI UTAMA).

Malano, H. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Suartha, N. (2016). Revitalisasi Pasar Tradisional Bali Berbasis Pelanggan ( Studi Kasus di Kabupaten Gianyar). Jakarta: Rajagrafindo persada.

Sugiyono. (2012). Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Al Masitoh, E. (2013). Upaya Menjaga Eksistens Pasar Tradisional:Studi Revitalisasi Pasar Piyungan . Bantul: Jurnal PMI.

alfianita, E., & Andy, f. (n.d.). Revitalisasi Pasar Tradisional dalam Good Governance (Studi di pasar tumpeng Kab.Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(5), 758-762.

Anggraini, G., Amalia, D., Hermawan, F., & Ismiyati. (2016). Standar Revitalisasi Pasar Tradisiona; Di Indonesia (studi Kasus Pasar Traisional Di Kota Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil, 5 (2), 211-219.

ArRosyidi, H. M. (2016). Analisis Implementasi Revitalisasi PT IR Soekarno KAb.Sukoharja Dalam Rangka Meningkatkan kualitas Pelayanan. Universitas Diponegoro Semarang.

Caroline. (2011). Studi Kelayakan Pasar Ngalihan Kota Semarang. Semarang: Jurnal Dinamika Manajemen 2(2).

Dewar, D., & D, V. (2007). Perubahan fungsi koridor jalan suryono akibat keberadaan Pasar Bulu Semarang. Semarang.

Dwi, U. (n.d.). Pengembangan Pasar Tradisional Menghadapi Gempuran Pasar Modern di Kota Yogyakarta. Semarang: Proceeding Simposium Nasional ASIAN III,Universitas 17 Agustus 1945.

Ekomadyo, S, A., & Hildayatsyah, S. (2013). Isu,Tujuan, dan Kriteria Perancangan Pasar Tradisional, (Temu Ilmiah IPLBI).

Fanani, F., & Fitrotun, N. (2013). Manajemen Strategi Pengelolaan Ketertiban Pedagang di pasar Tradisional Jagir Surabaya. (http:/ejournal.unesa.ac.id).

G, Q. C. (2014). Model Penataan Pasar Tradisional Berdasarkan Karakteristik Kegiatan. Fasilitas dan Utilitas, Studi Kasus Pasar Tanjung di KAbupaten Jember (http://repository.unej.ac.id).

Genah, T., & JL, K. (2013). Redesain Pasar Tradisional Bersehati di MAnado . http://ejournal .unesa.ac.id.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.

Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Nugroho, Asa, B. A., & Nurcahyanto, H. (2014). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Jakarta. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro:3(http://download.portalgaruda.org.

Rufaidah, P. (2008). Peran Teknologi Komunikasi Dalam Rantai Nilai Pedagang di Pasar Tradisional. Sosioteknologi Edisi 14, 7, 405-408. Retrieved from http://download.portalgaruda.org

Susanti, F. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penatan Pedagang Kaki Lima studi kasus pada Pasar Serpong ( Kecamatan Serpong). Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma 2(1),Unpam Press, 2(2), 1-17. doi:DOI: 10.32493/frkm.v2i2.3402

Susanti, F., & Novia. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima studi kasus pada Kota Tangerang Selatan. Inovasi Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 59-68. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.32493/Inovasi.v6i2.p59-68.3679

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Peraturan Daerah No 9 Tahun 2013 tentang peraturan Pasar Tradisional. (2013).

Undang, U. (2013). Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perdagangan RI No 70 Tahun 2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan.

Undang, u. (2015). Republik Indonesia. Standar Nasional Indonesia PAsar Rakyat . Jakarta: Republik Indonesia.

(n.d.). Retrieved 2 8, 2020, from https;//sleekr.co/blog/analisis-swot-untuk-bisnis-umkm/.

(n.d.). Retrieved 2 8, 2020, from https://ryuzakifaiz.blogspot.com/2013/12/analisis-swot-kekuatan-kelemahan.html.

(2020, 2 8). Retrieved from https;//muamala.net/teoti-analisis-swot/.

(2020,28).Retrieved from https;//makalahperencanaanpembelajaran.blogspot.com/2011 /05/analisis-pasar-tradisional-ditengah.html.

(2020, 2 8). Retrieved from https://makalah-smp-sma-lkp.blogspot.com/2013/07/analisis-aksibilitas-konsumen-pada-html.

Downloads

Published

2020-10-01