Desain dan Pengembangan dalam Meningkatkan Citra Pasar Tradisional di Era Disrupsi pada Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7383Keywords:
IFAS, pengembangan, pasar tradisional, SWOTAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis formasi serta pengembangan pasar tradisional pada kota Tangerang Selatan. Objek yang diteliti ialah empat pasar tradisional di kota ini. Metode penelitian yang dipakai kombinasi methode. Teknik pengumpulan data tanyajawab narasumber ,serta pemantauan area secara langsung. Metode analisis data 1)validasi konstruk yaitu triangulasi sumber serta triangulasi metode 2)analisisSWOT.Hasil menunjukkan : belum dilakukannya pengembangan pasar tradisional di kota Tangerang Selatan belum sesuai Perpres No 112 tahun 2007. Dapat disimpulkan bahwa tatanan serta pengembangan representasi pasar tradisional belum diupayakan semaksimalnya sehingga citranya masih dipandang sebelah mata.
References
Lukito, Y. N. (2018). Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional Melalui Pendekatan Desain dan Interaksi Pengguna Ruang. Yogyakarta: Deepublish (grup penerbitan CV BUDI UTAMA).
Malano, H. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Suartha, N. (2016). Revitalisasi Pasar Tradisional Bali Berbasis Pelanggan ( Studi Kasus di Kabupaten Gianyar). Jakarta: Rajagrafindo persada.
Sugiyono. (2012). Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Al Masitoh, E. (2013). Upaya Menjaga Eksistens Pasar Tradisional:Studi Revitalisasi Pasar Piyungan . Bantul: Jurnal PMI.
alfianita, E., & Andy, f. (n.d.). Revitalisasi Pasar Tradisional dalam Good Governance (Studi di pasar tumpeng Kab.Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(5), 758-762.
Anggraini, G., Amalia, D., Hermawan, F., & Ismiyati. (2016). Standar Revitalisasi Pasar Tradisiona; Di Indonesia (studi Kasus Pasar Traisional Di Kota Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil, 5 (2), 211-219.
ArRosyidi, H. M. (2016). Analisis Implementasi Revitalisasi PT IR Soekarno KAb.Sukoharja Dalam Rangka Meningkatkan kualitas Pelayanan. Universitas Diponegoro Semarang.
Caroline. (2011). Studi Kelayakan Pasar Ngalihan Kota Semarang. Semarang: Jurnal Dinamika Manajemen 2(2).
Dewar, D., & D, V. (2007). Perubahan fungsi koridor jalan suryono akibat keberadaan Pasar Bulu Semarang. Semarang.
Dwi, U. (n.d.). Pengembangan Pasar Tradisional Menghadapi Gempuran Pasar Modern di Kota Yogyakarta. Semarang: Proceeding Simposium Nasional ASIAN III,Universitas 17 Agustus 1945.
Ekomadyo, S, A., & Hildayatsyah, S. (2013). Isu,Tujuan, dan Kriteria Perancangan Pasar Tradisional, (Temu Ilmiah IPLBI).
Fanani, F., & Fitrotun, N. (2013). Manajemen Strategi Pengelolaan Ketertiban Pedagang di pasar Tradisional Jagir Surabaya. (http:/ejournal.unesa.ac.id).
G, Q. C. (2014). Model Penataan Pasar Tradisional Berdasarkan Karakteristik Kegiatan. Fasilitas dan Utilitas, Studi Kasus Pasar Tanjung di KAbupaten Jember (http://repository.unej.ac.id).
Genah, T., & JL, K. (2013). Redesain Pasar Tradisional Bersehati di MAnado . http://ejournal .unesa.ac.id.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.
Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).
Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.
Nugroho, Asa, B. A., & Nurcahyanto, H. (2014). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Jakarta. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro:3(http://download.portalgaruda.org.
Rufaidah, P. (2008). Peran Teknologi Komunikasi Dalam Rantai Nilai Pedagang di Pasar Tradisional. Sosioteknologi Edisi 14, 7, 405-408. Retrieved from http://download.portalgaruda.org
Susanti, F. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penatan Pedagang Kaki Lima studi kasus pada Pasar Serpong ( Kecamatan Serpong). Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma 2(1),Unpam Press, 2(2), 1-17. doi:DOI: 10.32493/frkm.v2i2.3402
Susanti, F., & Novia. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima studi kasus pada Kota Tangerang Selatan. Inovasi Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 59-68. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.32493/Inovasi.v6i2.p59-68.3679
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Peraturan Daerah No 9 Tahun 2013 tentang peraturan Pasar Tradisional. (2013).
Undang, U. (2013). Republik Indonesia. Peraturan Menteri Perdagangan RI No 70 Tahun 2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan.
Undang, u. (2015). Republik Indonesia. Standar Nasional Indonesia PAsar Rakyat . Jakarta: Republik Indonesia.
(n.d.). Retrieved 2 8, 2020, from https;//sleekr.co/blog/analisis-swot-untuk-bisnis-umkm/.
(n.d.). Retrieved 2 8, 2020, from https://ryuzakifaiz.blogspot.com/2013/12/analisis-swot-kekuatan-kelemahan.html.
(2020, 2 8). Retrieved from https;//muamala.net/teoti-analisis-swot/.
(2020,28).Retrieved from https;//makalahperencanaanpembelajaran.blogspot.com/2011 /05/analisis-pasar-tradisional-ditengah.html.
(2020, 2 8). Retrieved from https://makalah-smp-sma-lkp.blogspot.com/2013/07/analisis-aksibilitas-konsumen-pada-html.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.