PENGARUH STRATEGI PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA(Studi Kasus Pada STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta)

Authors

  • Kasmad Kasmad Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin Ahidin Universitas Pamulang
  • Kiki Dwi Wijayanti

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.852

Abstract

ABSTRAK                                       

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Periklanan terhadap keputusan mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika (STIKes Pertamedika) Jakarta.

Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif, Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 dan D III keperawatan Semester 1 yang berjumlah 140 orang dengan teknik sampling secara acak Stratified Random Sampling yaitu dengan cara mengambil sample dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi serta menggunakan table Isaac dan Michael dalam menentukan sampel. Adapun sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner data yang diperoleh dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan bantuan program Microsoft Excel dengan metode uji validitas, uji reliabilitas, koefisiensi korelasi, koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis.

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) dengan nilai koefisiensi korelasi ( r ) = 0.858. besarnya pengaruh atau kontribusi strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) sebesar 73,62%. Tingkat signifikansinya adalah signifikan t hitung 9,2326 > t tabel 1,984, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi periklanan (X) terhadap keputusan mahasiswa (Y) di STIKes Pertamina Bina Medika Jakarta.

Kata Kunci : Strategi Periklanan, Keputusan Mahasiswa

Downloads

Published

2018-01-06