PENERAPAN PROMOSI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (PT JM MUTU UTAMA SERPONG)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.855Abstract
ABSTRAK
Strategi pemasaran merupakan cara yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar dapat bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT JM Mutu Utama dalam meningkatkan volume penjualan. (2) Untuk menganalisa strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh PT JM Mutu Utama yang sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.
Penelitian ini dilakukan di PT JM Mutu Utama dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dan kepustakaan. Untuk menganalisis data dari lapangan, digunakan metode deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT (Streght, Weakness, Opportunity, Threat).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi penerapan prromosi yang dilakukan oleh PT JM Mutu Utama mampu meningkatkan pertumbuhan volume penjualan. (2) Melalui analisa EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) diperoleh skor total 2,70 dan melalui analisa IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary) diperoleh skor total 3,45. Sehingga nilai tersebut dimasukan pada analisa SWOT yang menunjukan posisi PT JM Mutu Utama berada pada kuadran I, sehingga strategi pemasaran yang cocok dilakukan oleh PT JM Mutu Utama adalah Strategi Agresif atau perluasan untuk memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan dengan melakukan pengembangan pasar, pengembagan produk, dan inovasi.
Saran yang diberikan peneliti kepada PT JM Mutu Utama adalah dengan mengetahui hasil dari penelitian strategi pemasaran perusahan maka diharapkan agar PT JM Mutu Utama lebih memperhatikan sumber daya manusia, anggaran promosi, dan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.