Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Republika Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan ( Studi kasus pada Harian Umum Republika )

Authors

  • Rini Dianti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.859

Abstract

ABSTRAK

            Kehadiran media sosial pada saat ini membuat media cetak harus lebih kreatif lagi. Oleh karena itu diperlukan strategi komunikasi yang bisa memberikan kepuasan kepada pelanggannya untuk loyal kepada media cetak khususnya Republika sebagai media nasional.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi komunikasi pemasaran dan penerapan dari elemen-elemen komunikasi pemasaran terpadu, dengan obyek penelitian Harian Republika.        

Guna mencapai pembahasan strategi tersebut , digunakan metode penelitian kasus dengan tehnik pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi

Hasil Penelitian secara umum menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Harian Republika masih menggunakan prinsip dasar elemen komunikasi pemasaran konvensional. Hal ini menunjukkan kesesuaian antara pola-pola konseptual teori yang relevan dengan pola-pola temuan studi kasus. Penggunaan strategi komunikasi pemasaran didasarkan kepada kebutuhan pelanggan. Dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran Harian Republika ada factor pendukung dan factor penghambat .

Pada kesimpulan, dalam mengelola media cetak seyogyanya terus melakukan inovasi-inovasi baru dan kreatif dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Kata kunci : Media Cetak, Strategi Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2018-01-06