Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Isnurrini Hidayat Susilowati Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.9416

Keywords:

UMKM, Bauran Pemasaran, Sektor Kuliner

Abstract

Dampak pandemi covid 19 terhadap perekonomian dunia menyebabkan ketidakstabilan. Begitu juga dengan Indonesia 19 menimbulkan dampak diberbagai sektor yaitu terutama pada sektor usaha kecil, menengah maupun besar. Salah satunya adalah sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Salah satu kesulitan yang dialami pelaku usaha UMKM adalah dalam memasarkan produknya. Dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan di lanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM) di tahun 2021membuat pelaku usaha berusaha berbagai cara untuk memasarkan produk untuk bisa mempertahankan usahanya terutama pada sektor kuliner. Deskriptif kualitatif merupakan metode kualitatif yang dipakai dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di kota Bogor dimana merupakan kota penunjang ibukota yang memiliki sentra kuliner. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dimana strategi produk dengan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimasa pandemi, harga ditentukan dengan inovasi grosir dan pembayaran nontunai bekerja sama dengan mitra usaha. Strategi promosi dilakukan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp dan Instagram dan strategi tempat dengan bekerja sama antara pemerintah kota Bogor dengan mitra usaha misalnya go-Food, grab dan pemilik perusahaan besar seperti hotel dan mall.

References

Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, 222-246.

Aryansah, J. E., Mirani, D., & Martina. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19. AVoER XII, 323-329.

Bank Indonesia. (2021, Januari 25). Retrieved from Bank Indonesia: http://www.bi.go.id

Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Propinsi DKI Jakarta. (2021, Januari 25). Retrieved from Biro Perekonomian dan Keuangan Setda: https://data.jakarta.go.id

BPS. (2021, Januari 25). Retrieved from BPS.go.id: http://www.bps.go.id

covid19.go.id. (2021, Januari 22). Retrieved from covid19.go.id: http://www.covid19.go.id

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. (2021, Januari 25). Retrieved from kumkm.kotabogor: https://kumkm.kotabogor.go.id/

Disperindag Kota Bogor. (2021, Januari 2021). Retrieved from disperindag.kotabogor: http://disperindag.kotabogor.go.id/

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis , 31-34.

Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2021, Januari 25). Retrieved from Kemenkopukm: http://kemenkopukm.go.id

Kotabogor. (2021, Januari 25). Retrieved from Kotabogor: http://www.kotabogor.go.id

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . London: Pearson Education.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, 217-225.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

LIPI. (2020, Agustus 23). Retrieved from lipi.go.id: http:http://www.lipi.go.id

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-02