Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.9416Keywords:
UMKM, Bauran Pemasaran, Sektor KulinerAbstract
Dampak pandemi covid 19 terhadap perekonomian dunia menyebabkan ketidakstabilan. Begitu juga dengan Indonesia 19 menimbulkan dampak diberbagai sektor yaitu terutama pada sektor usaha kecil, menengah maupun besar. Salah satunya adalah sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Salah satu kesulitan yang dialami pelaku usaha UMKM adalah dalam memasarkan produknya. Dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan di lanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM) di tahun 2021membuat pelaku usaha berusaha berbagai cara untuk memasarkan produk untuk bisa mempertahankan usahanya terutama pada sektor kuliner. Deskriptif kualitatif merupakan metode kualitatif yang dipakai dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di kota Bogor dimana merupakan kota penunjang ibukota yang memiliki sentra kuliner. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dimana strategi produk dengan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimasa pandemi, harga ditentukan dengan inovasi grosir dan pembayaran nontunai bekerja sama dengan mitra usaha. Strategi promosi dilakukan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp dan Instagram dan strategi tempat dengan bekerja sama antara pemerintah kota Bogor dengan mitra usaha misalnya go-Food, grab dan pemilik perusahaan besar seperti hotel dan mall.
References
Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, 222-246.
Aryansah, J. E., Mirani, D., & Martina. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19. AVoER XII, 323-329.
Bank Indonesia. (2021, Januari 25). Retrieved from Bank Indonesia: http://www.bi.go.id
Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Propinsi DKI Jakarta. (2021, Januari 25). Retrieved from Biro Perekonomian dan Keuangan Setda: https://data.jakarta.go.id
BPS. (2021, Januari 25). Retrieved from BPS.go.id: http://www.bps.go.id
covid19.go.id. (2021, Januari 22). Retrieved from covid19.go.id: http://www.covid19.go.id
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. (2021, Januari 25). Retrieved from kumkm.kotabogor: https://kumkm.kotabogor.go.id/
Disperindag Kota Bogor. (2021, Januari 2021). Retrieved from disperindag.kotabogor: http://disperindag.kotabogor.go.id/
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis , 31-34.
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2021, Januari 25). Retrieved from Kemenkopukm: http://kemenkopukm.go.id
Kotabogor. (2021, Januari 25). Retrieved from Kotabogor: http://www.kotabogor.go.id
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . London: Pearson Education.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, 217-225.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
LIPI. (2020, Agustus 23). Retrieved from lipi.go.id: http:http://www.lipi.go.id
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.