Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan

Authors

  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang
  • Hastono Hastono Universitas Pamulang
  • Arif Siaha Widodo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9422

Keywords:

Perceived Quality, Brand Equity, Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini mencari tahu apakah Perceived Quality berpengaruh terhadap Customer Loyalty melalui Brand Equity pada pengguna smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode analisis faktor SEM serta alat uji  SPSS Amos 23. Objek analisis adalah konsumen “pengguna smartphone merek Xiaomi†di daerah Tangerang Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah single cross sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden.

Hasil menunjukkan bahwa perceived quality berpengaruh signifikan terhadap brand equity pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.882 dan nilai critical ratio 6.891. Brand equity berpengaruh signifikan terhadap customer loyaty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.612 dan nilai critical ratio sebesar 5.696. Perceived quality secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.043 dan nilai critical ratio sebesar 0.385. Pengaruh tidak langsung perceived quality terhadap customer loyalty > pengaruh secara langsung perceived quality terhadap customer loyalty sebesar 0.482 > 0.043, diartikan bahwa brand equity memediasi antara perceived quality dengan customer loyalty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan

References

Aaker, D. A. (2005). Strategic Market Management. New York,: John Wiley & Son.

Alghofari, A. K., Pratiwi, I., & Astuti, Y. P. (2009). Analisis Pengruh Brand Equity Terhadap Pembentukan Customer Loyalty Pada Jenis Merek Pasta Gigi. Simposium Nasional RAPI VIII 2009, 1-58.

Alvedi, M. (2017). Effect of Brand factors on customer loyalty with the mediating role of brand equity . International Academic Journal of Accounting and Financial Management, 36-46.

Chaudhuri, A., & Holbrokk, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance : The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing. Volume 65. Number 2, 81-93.

Chen, X., Huang, Q., & Davidson, R. M. (2017). The role of website quality and social capital in building buyers’loyalty. International Journal of Information Management, 1563 - 1574.

Gil, R. B., Andre´s, E. F., & Salinas, M. (2007). Family as a source of consumer-based brand equity. Journal of Product & Brand Management, 188-199.

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research: an Applied Orientation. 5th edition. New Jersey: Pearson Education.

Maulidina, R., & Ariyanti S, M. (Vol.3, No.2 Agustus 2016). Analisis Ekuitas Merek Smartphone Apple dan Samsung Pada Konsumen Muda di Indonesia. e-Proceeding of Management, 1113 - 1119.

Meizan, I. M., & Zuliestiana, A. D. (2017 ). Pengaruh Brand Equity Terhadap Customer Loyalty (Studi pada PT JNE Cabang Kantor Perwakilan Bandung). e-Proceeding of Management, 2290 - 2295.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Consumer Behavior: A Framework. New Jersey 67458, Prentice Hall Upper Saddle River: Pearson Education.

Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing, 33 - 44.

Roza, S., Erida, E., & Shinta, S. (2015). The influence of Brand on Customer Loyalty of Smartphone Samsung Andorid Basis. Digest Marketing Vol. 1 No.1 Juli, 2015, 58 - 64.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Shihab, M. S., & Sukendar, A. (2009). Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity Terhadap Loyalitas konsumen Studi Kasus pada Produk Tes Widal Merek Remel. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 83 - 96.

Simon, P., & Tjokrosaputro, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Brand Trust. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 14 - 23.

Suyadi, M. I., & Fanani, D. (2014). Pengaruh Brand Awarness, Brand Association, Perceived Quality dan Brand Loyalty Terhadap Brand EquityTY. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-5.

Downloads

Published

2021-02-01