Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Usaha Mikro Kecil & Menengah(UMKM)

Authors

  • Tedy Ardiansyah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9521

Keywords:

Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, sukses

Abstract

Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan usaha bisnis Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Indonesia.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform E-commerce(perdagangan elektronik) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital.

 

Keyword: Platform; e-commerce; SMEs; success

 

Abstrak. Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Mikro Mandiri.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro Mandiri (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform perdagangan elektronik (e-commerce) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan: e. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital.

 

Kata Kunci: Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, sukses

References

Amoako, T., Huai Sheng, Z., Dogbe, C. S. K., & Pomegbe, W. W. K. (2020). Effect of internal integration on SMEs’ performance: the role of external integration and ICT. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-03-2020-0120

Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif studi multi disiplin keilmuan dengan NVivo 12 plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Doukidis, G. I., Lybereas, P. and Galliers, R. D. (1996). Information systems planning in small business: A stages of growth analysis. The Journal of Systems and Software, 33(2), 189.

Elsi anismar et al. (2019). Platform Pemberdaya UMKM. SWA, 22–47.

Hatammimi, J., & Wulandari, D. A. (2014). Internal Factors that Motivate College Student to Become ICT-Based Entrepreneur. In Proceedings of International Conference on Research Methods in Management and Social Sciences (ICRMMS-2014) Internal (pp. 100–107).

Her, Y. L. (2020). Organisational capability on ict support and smes’ performances in malaysia. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25, 271–282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4155593

Jackson & Bazeley. (2013). Qualitative Data Analysis with NVivo. Losa Angeles, CA, USA: Sage Publication.

Jesson, J. K., Matheson, L., & Lacey, F. M. (2011). Doing Your Literature Review traditional and systematic techniques. Sage Publication.

Keneth C . Laudon, J. P. . L. (2007). MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS : Managing the Digital Firm - 9th edition , authors : Keneth C . Laudon and Jane P . Laudon ( Book Review ). International Journal, 1(2), 103–105. https://doi.org/https://doi.org/10.15837/ijccc.2007.1.2342

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourceboo (Third Edit). United States of America: Sage Publication.

Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM Di Indonesia: Profil , Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2.

Payne, J. E. (2001). E-Commerce Readiness for SMEs in Developing Countries: A Guide For Development Professionals. Retrieved from http://learnlink.aed.org/Publications/Concept_Papers/ecommerce_readiness.pdf%0A

Purssell, E., & McCrae, N. (2020). How to Perform a Systematic Literature Review. switzerland: Springer Nature Switzerland AG.

Qosasi, A., Permana, E., Muftiadi, A., Purnomo, M., & Maulina, E. (2019). Building SMEs ’ Competitive Advantage and the Organizational Agility of Apparel Retailers in Indonesia : The role of ICT as an Initial Trigger. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(1), 69–90.

QS international. (2019). Nvivo 11 for windows help- about project map. Retrieved from www.qsinternasional.com

Rusgowanto, F. H. (2020). ICT implementation in android applications for entrepreneurship learning: A high school case study in Jakarta. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 68–82.

Schneider, G. P. (2002). Electronic commerce. Australia: Course Technology.

Siahaan, D. T., & Tan, C. swee lin. (2020). Antecedents of Innovation Capability and Firm Performance of Indonesian ICT SMEs. Asian Journal of Business Research, 10(2), 45–71. https://doi.org/10.14707/ajbr.200083

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).

Tambunan. (2006). Development of Small and Medium Enterprises in Indonesia. Retrieved from http://www.kadin-indonesia.or.id/enm/images/dokumen/KADIN-98-1567-02032007.pdf

Woolf, N. H., & Silver, C. (2018). QUALITATIVE ANALYSIS USING NVivo, The Five- Level QDA ® Method. New York: Routledge.

Yunis, M., El-Kassar, A.-N., & Tarhini, A. (2017). Impact of ICT-based innovations on organizational performance. Journal of Enterprise Information Management, 30(1),

Downloads

Published

2021-02-01