Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Usaha Mikro Kecil & Menengah(UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9521Keywords:
Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, suksesAbstract
Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan usaha bisnis Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Indonesia. Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform E-commerce(perdagangan elektronik) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital.
Keyword: Platform; e-commerce; SMEs; success
Abstrak. Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Mikro Mandiri. Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro Mandiri (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform perdagangan elektronik (e-commerce) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan: e. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital.
Kata Kunci: Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, sukses
References
Amoako, T., Huai Sheng, Z., Dogbe, C. S. K., & Pomegbe, W. W. K. (2020). Effect of internal integration on SMEs’ performance: the role of external integration and ICT. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-03-2020-0120
Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif studi multi disiplin keilmuan dengan NVivo 12 plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Doukidis, G. I., Lybereas, P. and Galliers, R. D. (1996). Information systems planning in small business: A stages of growth analysis. The Journal of Systems and Software, 33(2), 189.
Elsi anismar et al. (2019). Platform Pemberdaya UMKM. SWA, 22–47.
Hatammimi, J., & Wulandari, D. A. (2014). Internal Factors that Motivate College Student to Become ICT-Based Entrepreneur. In Proceedings of International Conference on Research Methods in Management and Social Sciences (ICRMMS-2014) Internal (pp. 100–107).
Her, Y. L. (2020). Organisational capability on ict support and smes’ performances in malaysia. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25, 271–282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4155593
Jackson & Bazeley. (2013). Qualitative Data Analysis with NVivo. Losa Angeles, CA, USA: Sage Publication.
Jesson, J. K., Matheson, L., & Lacey, F. M. (2011). Doing Your Literature Review traditional and systematic techniques. Sage Publication.
Keneth C . Laudon, J. P. . L. (2007). MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS : Managing the Digital Firm - 9th edition , authors : Keneth C . Laudon and Jane P . Laudon ( Book Review ). International Journal, 1(2), 103–105. https://doi.org/https://doi.org/10.15837/ijccc.2007.1.2342
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N. I. (2020). Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourceboo (Third Edit). United States of America: Sage Publication.
Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM Di Indonesia: Profil , Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2.
Payne, J. E. (2001). E-Commerce Readiness for SMEs in Developing Countries: A Guide For Development Professionals. Retrieved from http://learnlink.aed.org/Publications/Concept_Papers/ecommerce_readiness.pdf%0A
Purssell, E., & McCrae, N. (2020). How to Perform a Systematic Literature Review. switzerland: Springer Nature Switzerland AG.
Qosasi, A., Permana, E., Muftiadi, A., Purnomo, M., & Maulina, E. (2019). Building SMEs ’ Competitive Advantage and the Organizational Agility of Apparel Retailers in Indonesia : The role of ICT as an Initial Trigger. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(1), 69–90.
QS international. (2019). Nvivo 11 for windows help- about project map. Retrieved from www.qsinternasional.com
Rusgowanto, F. H. (2020). ICT implementation in android applications for entrepreneurship learning: A high school case study in Jakarta. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 68–82.
Schneider, G. P. (2002). Electronic commerce. Australia: Course Technology.
Siahaan, D. T., & Tan, C. swee lin. (2020). Antecedents of Innovation Capability and Firm Performance of Indonesian ICT SMEs. Asian Journal of Business Research, 10(2), 45–71. https://doi.org/10.14707/ajbr.200083
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).
Tambunan. (2006). Development of Small and Medium Enterprises in Indonesia. Retrieved from http://www.kadin-indonesia.or.id/enm/images/dokumen/KADIN-98-1567-02032007.pdf
Woolf, N. H., & Silver, C. (2018). QUALITATIVE ANALYSIS USING NVivo, The Five- Level QDA ® Method. New York: Routledge.
Yunis, M., El-Kassar, A.-N., & Tarhini, A. (2017). Impact of ICT-based innovations on organizational performance. Journal of Enterprise Information Management, 30(1),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.