E-Wom Terhadap Akun Beauty Vlogger @Kekeshabila Yang Dilakukan Oleh Kalangan Milenial di Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9642Keywords:
Beauty Vlogger, E-Wom, Instagram, Generasi MilenialAbstract
Berkembangnya teknologi menjadikan kegiatan komunikasi antar manusia turut berubah. Media sosial diciptakan sebagai cara baru untuk saling berbagi informasi hanya dengan sekejap mata. Perkembangan tersebut juga memberi dampak pada berbagai bidang salah satunya bidang kecantikan, dimana sekarang dunia kecantikan dianggap sebagai hal penting bagi rata-rata perempuan. Kemudian, informasi tentang dunia kecantikan dibagikan melalui media sosial. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menjelaskan sejauh mana kalangan milenial di Kota Samarinda berbagi informasi dari salah satu akun beauty vlogger @kekeshabila dengan menggunakan E-WoM. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui dua cara, pertama adalah wawancara terhadap followers akun @kekeshabila dan kedua observasi terhadap akun @kekeshabila. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa followers akun @kekeshabila adalah pengguna aktif media sosial khususnya Instagram dan cukup aktif berbagi informasi menggunakan E-WoM. Serta konten pada akun @kekeshabila informatif dan kreatif sehingga followers tertarik untuk melihatnya.References
Aprilia, N. (2016). INSTAGRAM SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/12619/
Aza, M. (2018). Selain Mark, Siapa Sih Penemu Media Sosial yang Sering Kamu Gunakan? IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/muhajirin/penemu-media-sosial-c1c2-1/2
Cat, N. (2020). Instagram users in Indonesia April 2020. Napoleon Cat. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/04
HABIBAH, I. N. (2018). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WoM) YANG DILAKUKAN OLEH BEAUTY INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI BRAND MAKE UP WARDAH (Study Pada Subscribers YouTube Channel Tasya Farasya). 6(3), 4–5. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11088
Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1). https://media.neliti.com/media/publications/235708-peranan-komunikasi-dalam-pendidikan-66310d01.pdf
Kominfo. (n.d.). Mengenal Generasi Millennial. Kominfo. Retrieved April 30, 2020, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media
Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.
Mariezka, F. I., Hafiar, H., & Yustikasari, Y. (2018). Pemaknaan Profesi Beauty Vlogger Melalui Pengalaman Komunikasi. Nyimak: Journal of Communication, 2(2), 95. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.920
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sutarman, A., & Lesmana, R. (2019). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).
Pelayanan, J., Masyarakat, K., Wediawati, T., Aransyah, F., Learning, P. B., Learning, P. B., & Learning, D. (2019). SOSIALISASI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN GUNA. 1(1), 58–63.
Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Putri, A. W. (2018). PENGGUNAAN INSTAGRAM STORIES SEBAGAI PERSONAL BRANDING (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2014) [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43019
Sulistyowati, F., Candra, M. C., & Dibyorin, R. (n.d.). Partisipasi Warga terhadap Sistem Informasi Desa. 579–588. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/34
Viviana, C., & Candraningrum, D. A. (2019). E-Wom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun @makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Prologia, 2(2), 270. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3587
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.