Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir)

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Fiki Kurniawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Keywords:

Kualitas pelayanan, Promosi, Loyalitas, Kepuasan.

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, promosi terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kulitaspelayanan, promosi dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Sifat dari studi ini adalah asosiatif dengan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen sebanyak 1.078 dan teknik sample yang digunakan adalah sampel accidental sampling sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan menggunkan analisis jalur. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebagain besar respoden dalampenelitian ini adalah Perempuan dengan usi 21-26th dengan sumber pendapatan lainya.  Dari tanggapan responden bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi  dan kepuasan serta Loyalitas  yang ada di perusahaan sudah baikn walaupun masih tersapat keluhan konsumen tentang produk ini dan dari hasil analisis  bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi  dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap Loyalitas  serta Kualitas Pelayanan  dan Promosi  memiliki pengaruh terhadap kepuaan, sehingga  kepuasan dapat menjadi mediator dalam mempengaruhi Kualitas Pelayanan an terhadap Loyalitas  dan kepuasan dapat  menjadi mediator dalam mempengaruhi Promosi  terhadap Loyalitas.

Author Biography

Nurmin Arianto, Universitas Pamulang

UNIVERSITAS PAMULANG 

DOSEN MANAJEMEN

References

Arianto, N. (2016). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen . Seminar Ilmiah Nasional (pp. 77-98). Tangerang Selatan: Program Pascsarjana Universitas Pamulang.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Kompetitif, 83-101.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart . Ekonomi Efektif, 153-160.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. Kreatif, 44-54.

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Upadate PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Semarang.

Keller, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Ediisi Ke 12. Jakarta: PT Indeks.

Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Lokal Studi Kasus pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(3).

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-02-01