Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.9955Keywords:
Industri Penerbangan, Bauran Pemasaran, Pameran PerjalananAbstract
Strategi bauran pemasaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai suatu target dan hasil yang baik dari suatu kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran apa saja yang digunakan oleh Cathay Pacific dalam menyelenggarakan Cathay Pacific Travel Fair yang ditinjau dari aspek produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai- April 2020 di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukannya penelitian, didapatkan bahwa strategi bauran pemasaran Cathay Pacific travel fair sudah tepat dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan, dimana sangat didukung dengan produk pelayanan yang berkualitas,penawaran harga yang menarik, kerja sama yang melibatkan banyak pihak, dan yang tidak kalah penting kegiatan promosi yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi terkait dengan event tersebut. Chatay Pacific diharapkan dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu dan melakukan inovasi terbaik dalam mengadakan kegiatan travel fair baik di Indonesia dan luar negeri.
References
Angeline G Close et al. (2006). Engaging the Consumer through Event Marketing: Linking Attendees with the Sponsor, Community, and Brand : Journal Of Advertising Research. December 2006. DOI: 10.2501/S0021849906060430
Budiastyo, R,S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Rute Penerbangan Internasional Studi Kasus: PT Garuda Indonesia (PERSERO) TBK :Depok, Universitas Indonesia
Greenley, G.E. (2007). Market Orientation and Company Performance: Empirical Evidence from UK Companies. British Journal of Management
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Melinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kurtz, David L; Boone, Louis E. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer, buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1)
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Siagian, Sondang. P. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.