Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020

Authors

  • Anisatul Auliya Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia
  • Yosephine Mariela Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.9955

Keywords:

Industri Penerbangan, Bauran Pemasaran, Pameran Perjalanan

Abstract

Strategi bauran pemasaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai suatu target dan hasil yang baik dari suatu kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran apa saja yang digunakan oleh Cathay Pacific dalam menyelenggarakan Cathay Pacific Travel Fair yang ditinjau dari aspek produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai- April 2020 di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukannya penelitian, didapatkan bahwa strategi bauran pemasaran Cathay Pacific travel fair sudah tepat dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan, dimana sangat didukung dengan produk pelayanan yang berkualitas,penawaran harga yang menarik, kerja sama yang melibatkan banyak pihak, dan yang tidak kalah penting kegiatan promosi yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi terkait dengan event tersebut. Chatay Pacific diharapkan dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu dan melakukan inovasi terbaik dalam mengadakan kegiatan travel fair baik di Indonesia dan luar negeri.

 

Author Biography

Anisatul Auliya, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia

Kampus UI Depok Gedung A, Jl. Akses Vokasi UI, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

References

Angeline G Close et al. (2006). Engaging the Consumer through Event Marketing: Linking Attendees with the Sponsor, Community, and Brand : Journal Of Advertising Research. December 2006. DOI: 10.2501/S0021849906060430

Budiastyo, R,S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Rute Penerbangan Internasional Studi Kasus: PT Garuda Indonesia (PERSERO) TBK :Depok, Universitas Indonesia

Greenley, G.E. (2007). Market Orientation and Company Performance: Empirical Evidence from UK Companies. British Journal of Management

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Melinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kurtz, David L; Boone, Louis E. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer, buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1)

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Siagian, Sondang. P. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Downloads

Published

2021-06-01