COACHING ONLINE PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA BAGI GURU SMKN 1 JETIS MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.11340Abstract
Seiring dengan diberlakukannya Pendidikan Jarak Jauh oleh Pemerintah guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah, kegiatan coaching online perancangan pembelajaran berbasis multimedia ini menjadi salah satu alternatif kegiatan dari sektor pendidikan guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini dilakukan oleh tim pelaksana dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam bentuk kegiatan coaching online bagi seluruh guru di SMKN 1 Jetis Mojokerto guna merancang pembelajaran jarak jauh berbasis multimedia. Aplikasi berbasis multimedia yang digunakan pada kegiatan ini adalah Camtasia Studio dengan 5 (lima) kali penyelenggaraan kegiatan coaching online melalui zoom. Manfaat dari pelaksanaan kegiatan coaching online ini mampu memberikan solusi kepada guru di SMKN 1 Jetis Mojokerto dalam merancang Pembelajaran Jarak Jauh terutama saat pandemi Covid-19 iniReferences
Ambarwati, M. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1).
Baum, F., MacDougall, C., & Smith, D. (2006). Participatory action research. Journal of Epidemiology and Community Health, 60(10). https://doi.org/10.1136/jech.2004.028662
Bennett, M. (2020). A Review of the Literature on the Benefits and Drawbacks of Participatory Action Research. First Peoples Child & Family Review, 1(1). https://doi.org/10.7202/1069582ar
Convery, K. (2009). Camtasia Studio. The Charleston Advisor, 10(4).
Fitriatien, S. R., Ninik Mutianingsih, Restu Ria Wantika, Liknin Nugraheni, & Eko Sugandi. (2020). Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini melalui Lagu. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3939
Irawan, E. (2020). Pelatihan Blended Learning Sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499
Kasidi, Satyarini, M. D., & Widayati, S. (2020). Analisis Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2).
Khansa, I. (2020). Review Jurnal Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Files1.Simpkb.Id, May.
Lesmana, C., Hartono, H., Hartono, H., Permana, R., Permana, R., Matsun, M., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Al-Khidmah, 1(2). https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216
Ploesser, A. L. (2016). Student Producers: OneNote, Camtasia Studio, and the Authentic Project. https://doi.org/10.1007/978-3-319-31193-7_16
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Zhafira, N. H., Yenny, E., & Chairiyaton. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).