Pentingnya Mengenal Akuntansi Sejak Dini Dengan Metode Menabung Untuk Anak Usia 7-12 Tahun 2021 di Forum Pos Remaja dan Pustaka RW 10 Tanah Baru
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.15114Abstract
Mencadangkan separuh pendapatan yang kita punya untuk disimpan dengan maksud guna mengatur pendapatan adalah pengertian dari menabung. Manfaat menabung secara giat akan mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Dengan menabung tujuan yang tercapai adalah akan terbentuk nya pola hidup hemat dan terbentuknya individualitas sejak dini untuk tidak membuang uang. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Pamulang adalah dengan mengadakan sosialisasi pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pentingnya Mengenal Akuntansi Sejak DIni Dengan Metode Menabung Untuk Anak Usia 7-12 Tahun di Forum Pos Remaja dan Pustaka RW 010 Tanah Baruâ€. Hal ini dilakukan karena masih minimnya kebiasaan anak-anak melakukan kegiatan menabung baik di celengan ataupun di sebuah lembaga keuangan seperti bank. Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) Menyampaikan apa manfaat menabung dan mengapa menabung itu penting terhadap anak-anak;(2) Memberikan dorongan terhadap anak-anak agar ingin menabung supaya meningkatkan kesadaran anak-anak. Kegiatan PmKM ini diterapkan dengan metode pengarahan secara offline atau tatap muka secara langsung dan tetap mematuhi protocol kesehatan (3 M). Kegiatan PmKM di Forum Pos Remaja dan Pustaka RW 010 Tanah Baru ini menghasilkan sebuah cara untuk hidup hemat demi sebuah masa depan yang cerah
References
Amelia, F. (2012). Motivasi Menabung Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ardiana, M. (2017). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK Se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(1), 59-75.
Bank Indonesia (2013) , Pengelolaan Keuangan , Grup Pengembangan Keuangan Inklusif Departemen Pengembangan Akses keuangan dan UMKM Bank Indonesia
Gani, A. R. A., Soviah, O. F., & Rahmawati, R. (2019). Penyuluhan Membangun Kesadaran Menabung Sejak Dini Pada Siswa Sdn 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Narpati, B. (2018). Sosialisasi dan Simulasi Menabung Rumah Yatim Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 77-86.
Nuh, M., Sangaji, R., Agustin, E., Larasati, A. N., & Muzzaki, M. (2021). Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 119-125.
Nursyirwan, V. I., Agustinus, E., & Mulyani, N. (2021). Pengelolaan Manajemen Keuangan dalam Industri Kecil Menengah di Komunitas Tangsel Berkibar. Abdimisi, 2(1), 9–14.
Rahayuningrum, V. S., & Suranto, S. P. (2021). Peran Pendidikan Ekonomi Informal dalam Menciptakan Perilaku Menabung Pada Anak-Anak di Desa Bedoro Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahman, A. N., Valentika, N., Azis, I., Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Janah, F. F., Rochshotoen, R., Alam, N., Siregar, Y., & Suandi, S. (2021). PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TAMAN STATISTIKA PADA ANAK ASUHAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK RAUDHATUL HIKMAH TANGERANG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 2(1), 29–38.
Syaiful, S., Suwarno, S., Perdana, A., & Aris, A. (2020). Gerakan Menabung Sejak Dini Dengan Media Bahan Bekas Sebagai Aplikasi Kreatif Celengan Anak Bersama Siswa Siswi Sdn Wotansari Balongpanggang–Gresik. DedikasiMU (Journal of Community Service), 2(1), 166-173.
Virby, S., Palupi, P., Japanis, R., & Rodiyana, N. (2020). Pentingnya Mengelola Keuangan Sejak Usia Dini Siswa Siswi (Taman Kanak-Kanak) Untuk Mendorong Dan Menanamkan Budaya Hemat Pada Sekolah Taman Kanak-Kanak Deutsche International Schule, Bsd City, Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(1), 41-49.