PELATIHAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE MS. POWERPOINT DAN CAMTASIA STUDIO BAGI GURU SMP AN NURMANIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.18966Abstract
Dewasa ini perkembangan internet semakin cepat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang terlebih di masa pandemi Covid-19 ini yang membuat perubahan pola pembelajaran dari tatap muka menjadi kelas maya atau online. Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif di masa pandemi ini, guru harus menguasai metode pembelajaran online yang kreatif, inovatif dan menarik untuk para siswa, hal inilah yang dialami oleh guru- guru di SMP An Nurmaniyah Ciledug Kota Tangerang. Untuk itu Program Studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Pamulang berinisiatif memberikan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Software Microsoft Office Powerpoint dan Camtasia Studio bagi guru di SMP An Nurmaniyah. Kegiatan ini diselenggarakan ruang guru SMP An Nurmaniyah. Peserta pelatihan ini adalah 30 tenaga pendidik dan kependidikan. Evaluasi dari pelatihan ini berdasarkan atas pemahaman peserta pelatihan. Selain itu juga diberikan sesi tanya jawab untuk mengukur kualitas pelatihan di akhir sesiReferences
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Badaya Media Komunikasi Ilmu Ilmi Sosial dan Buadaya Vol 12 NO 1 Januari- Juni 2015, 24.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289, 282-289.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri - Cikarang - Bekasi). Edunesia : Journal Ilmiah Pendidikan ISSN 2722-5194 Vol 2 No.1 Januari 2021, 11.
Desta Evira Nosa. (2018) Aplikasi Wingeon dan Camtasia Studio Untuk Pembuatan Media Audio Visual. Desimal Jurnal Matematika Vol 1, No. 15.
Dewi Ayu Sulistyaningrum. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hima Dan Prodi PGSD 2017.
Dewi Purnama Sari, I. R. (2020). Memahami Matematika Dengan Mudah dan Menyenangkan di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat - Aphelion Vo. 01 No. 01, Agustus 2020, 137-143.
Febrianto, A. (2021). Membuat Video Pembelajaran Berbasis Screen Recorder dan Video EditorMenggunaka Camtasia. Yogyakarta: UPY Press.
Joyce Cox, J. L. (2010). Step by Step Microsoft PowerPoint 2010. Washington: Microsoft Press.
Hamka Lodang, Syamsiah Ishak A. Paramma. (2014). Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Peserta Didik Yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media Camtasia Studio dan Media Powerpoint pada kelas VII SMP Negeri 1 Sunggiminasa, Jurnal Bionature Vol 15, No. 1.
Husuwatul Masyithah, Zainuddin Muchtar. (2016). Pengaruh Penerapan Multimedia Camtasia Studio dan Media Powerpoint terhadap Aktivitas dan hasil belajar Siswa pada Materi struktur Atom. JPKIM Jurnal Pendidika Kimia Vol. 8, No. 2.
Ilyana Simehatte, Muhammad Nazar. (2016). Pengembangan Media Eleksido Menggunakan Camtasia Studio pada Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Siswa Kelas X SMA 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. JIMPKA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol. 1, No. 3.
Kurniati, S. G. (2021). Online Journal Systems Unpam. Acitya Bhakti Vol. 1 No. 1 Hal. 1-90 Februari 2021 E-ISSN 2775-4383, 1-90.
Mufarikah, Anissatul (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Teras.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan Vol. 13, No, 2, Juli 2016, Hal 174 ISSN 2541-0652, 174.
Rusydi, I. (2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta Edisi: 53 Juli 2017 ISBN: 1829-7463, 14.
Suardi. (2020). Aktifitas Mahasiswa Dalam Lesson Studi Pada Pembelajaran English Learning Media. Prosiding Seminar Nasional Volume 02 Nomor 1 ISSN 2443-1109.