PELATIHAN PEMASANGAN DAN PERAWATAN AUDIO SYSTEM DI MUSHOLA BAITURROHMAN, TAMBORA-JAKBAR

Authors

  • Ariyawan Sunardi Universitas Pamulang
  • Aripin Triyanto Universitas Pamulang
  • Nurkahfi Irwansyah Universitas Pamulang
  • Woro Agus Nurtiyanto Universitas Pamulang
  • Awalludin Saputra Universitas Pamulang
  • Muhammad Koiru Ikhsan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6901

Abstract

Masjid dan musholla adalah tempat beribadah untuk umat islam. Peralatan pendukungnya antara lain audio system. Audio system digunakan untuk mengumandangkan adzan serta iqomah. Bagian pendukung dari peralatan audio system, antara lain adalah amplifier, speaker, microphone dan kabel. Amplifier berguna untuk mengatur suara yang keluar ke speaker. Amplifier dilengkapi dengan pengaturan keseimbangan suara, bass dan treble yang masing-masing digunakan untuk memperjelas suara. Speaker digunakan untuk audio system di dalam maupun luar mushola. Microphone digunakan untuk penghubung dari amplifier ke speaker. Musholla Baiturrohman adalah salah satu tempat ibadah yang terletak di daerah Tambora-Jakarta Barat. Setelah melakukan survei di Musholla Baiturrohman, mahasiswa dan dosen melihat peralatan audio system yang sudah tidak berfungsi. Amplifier sudah tidak bisa dikontrol, microphone tidak mengeluarkan suara ke speaker dan instalasi listrik yang tidak aman dari jangkauan manusia. Kami melakukan pelatihan pemasangan dan perawatan audio system kepada para jamaah Musholla Baiturrohman. Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan jamaah atau juga menghasilkan para ahli pemasangan dan perawatan audio system untuk berwirausaha. Metode pelatihan dengan ceramah, diskusi dan praktikum pemasangan audio system di Musholla Baiturrohman. Pelatihan perawatan juga dilakukan pembimbingan agar jamaah bisa menjaga lifetime dari perangkat audio system yang terpasang. Audio system Musholla Baiturrohman telah terpasang dan berfungsi dengan baik. Para jamaah mengikuti pelatihan ini dengan baik dan antusias

Author Biographies

Ariyawan Sunardi, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Aripin Triyanto, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Nurkahfi Irwansyah, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Woro Agus Nurtiyanto, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Awalludin Saputra, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Muhammad Koiru Ikhsan, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

References

Rehena, N. S. E., Mamahit, D. J. & Wuwung, J. O. (2014). Rancang Bangun Audio Mixer Yang Dilengkapi Dengan Desibel Peak Meter. Ejournal Teknik Elektro dan Komputer UNSRAT Manado, ISSN: 2301- 8402.

Wibowo, H. Y., Rante, H., A. S. KH. (2011). Implementasi Teknik Audio Effect Dan Voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak Di Kawasan Dolly. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya: ITS.

Gunawan, D. (2010). “Pengaturan Masukan Mixer Audio Digital 2 Berbasis Time Division Multiplexing (TDM). Skripsi Jurusan Teknik Elektro UNIKOM. Bandung: UNIKOM.

Waluyanti, Sri. (2008). Teknik Audio Video. Yogyakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Sunardi, A., Triyanto, A., Irwansyah, N., Nurtiyanto, W. A., Saputra, A., & Ikhsan, M. K. (2020). PELATIHAN PEMASANGAN DAN PERAWATAN AUDIO SYSTEM DI MUSHOLA BAITURROHMAN, TAMBORA-JAKBAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6901

Issue

Section

Articles