PENGARUH TEMPERATUR HARDENING TERHADAP DISTRIBUSI KEKERASAN ALUMUNIUM A6063 PADA KOMPONEN AUTOMOTIVE MELALUI JOMINY TEST

Authors

  • Abdul Choliq Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Ahmad Maulana Soehada Sebayang
  • Tatang Suryana

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtc.v5i2.27069

Keywords:

Al 6063, Perlakuan Panas, Kemampukerasan, Jominy Test, Hardnest Leeb

Abstract

Aluminium A6063 merupakan aluminium paduan magnesium silicon. Aplikasi A6063 cukup luas, salah satunya sebagai komponen automotive seperti pipa dan tabung pneumatic cylinder. Material dasar Al 6063 memiliki kekuatan sedang sehingga mudah dibentuk, namun setelah itu perlu rekayasa untuk meningkatkan kekuatan komponen melalui hardening. Al 6063 dapat diberikan perlakuan  panas. Pada penelitian ini akan dicoba mengetahui kemampukerasan Al 6063 melalui uji jominy dengan vareasi pemanasan 350°C, 450°C, dan 550°C, lama penahanan pada temperatur pemanasan adalah 10 menit. Dengan variabel tersebut yang diharapkan mentransformasi sampel A6063 agar mencapai fasa pengerasan ketika diquenching.  Alat pemanas yang digunakan berupa tungku pemanas listrik. Pendinginan dengan semprotan air selama 10 menit. Uji kekerasan dilakukan dengan metode Hardness Leeb (HL) yang dilakukan pada 5 titik di 6 daerah permukaan sampel yang berjarak 20mm dari ujung sampel yang berdekatan dengan semburan air hingga pangkal. Indentasi pada 5 titik dilakukan pada dua sisi yang berlawanan dari setiap  sampel. Hasil uji kekerasan menunjukan bahwa distribusi kekerasan pada sampel A6063 setelah pemanasan mengalami penurunan dibandingkan sampel tanpa pemanasan. Semakin tinggi temperatur pemanasan akan semakin menurunkan nilai kekerasannya.

References

Prayitno, D. (2010). Teknologi Rekayasa Material. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Darmadi, M. A. (2018). Pengaruh Variasi Sambungan pada Crash Box Multi Segmen terhadap Kemampuan Penyerapan Energi dengan Uji Quasi Static. Jurnal Rekayasa Mesin, Universitas Brawijaya, 9. doi:Pengaruh Variasi Sambungan pada Crash Box Multi Segmen terhadap Kemampuan Penyerapan Energi dengan Uji Quasi Static

Alois Schonmetz, d. (2013). Pengetahuan Bahan Dalam Pengerjaan Logam. Bandung: Angkasa.

Sofyan, B. T. (2011). Pengantar Material Teknik. Jakarta: Salemba Teknika.

Surono, B. (2011). Perubahan Nilai Kekerasan dan Struktur Mikro Al-Mg-Si Akibat Variasi

Widyantoro, E. K. (2020). Pengaruh Variasi Temperatur Aging pada Alu

Tata Surdia, d. (2013). Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: Balai Pustaka.

https://www.azom.com/article.aspx?ArticleID=2812

https://matrudian.wordpress.com/2010/10/24/heat-treatment-pada-aluminium-paduan/

Anrinal. (2013). Metalurgi Fisik. Jogjakarta: ANDI.

Wardoyo, & Sumpena. (2018). Pengaruh Vareasi Temperatur Quenching Pada Aluminium Paduan AlMgSi-Fe12% Terhadap Keausan. Jogjakarta: Jurnal Engine; Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta.

Rokhman, T. (2015). Perancangan Alat Uji Kemampukerasan Jominy Test Untuk Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam “45†Bekasi. Jurnal Imiah Teknik Mesin, , 68-80.

Herdi Susanto, J. S. (2016). Rancang Bangun Alat Uji Jominy (Jominy Hardenability Test). Jurnal Mekanova,97-107.

Novri, M. (Juni 2020). Analisis Perubahan Sifat Mekanik Al 6063 Setelah. Bina Teknika,35-42.

Sumpena, W. ( Mei 2018). Pengaruh Variasi Temperatur Hardening Dan Tempering Paduan. Jurnal ENGINE 2 , 26-32 .

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Choliq, A., Sebayang, A. M. S., & Suryana, T. (2022). PENGARUH TEMPERATUR HARDENING TERHADAP DISTRIBUSI KEKERASAN ALUMUNIUM A6063 PADA KOMPONEN AUTOMOTIVE MELALUI JOMINY TEST. Jurnal Teknik Mesin Cakram, 5(2), 62–78. https://doi.org/10.32493/jtc.v5i2.27069

Issue

Section

Articles