RANCANG BANGUN MESIN PENGUPAS KULIT CANGKANG MELINJO DENGAN DAYA 0,5 HP

Authors

  • Jhon Sufriadi Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tambos Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Keywords:

Kapasitas, Melinjo, Pengupas

Abstract

Tumbuhan melinjo adalah sejenis tumbuhan yang memiliki biji yang terbuka dan berumah dua (jantan dan betina). Kapasitas Biji melinjo tidak terbungkus daging tetapi dibungkus dengan kulit luarnya. Yang sebenarnya dalam melinjo ini adalah biji yang terbungkus oleh dagingnya. Masalah yang dihadapi masyarakat selama ini kurangnya didapat sebuah alat yang dapat mempercepat proses pengupasan kulit cangkang melinjo. Rencana Penelitian ini ditujukan untuk merancang mesin untuk mengupas kulis cangkang melinjo. Sehingga Tujuan Penelitian ini yaitu merancang sebuah mesin pengupas kulit cangkang melinjo yang berguna untuk memudahkan dalam proses pengupasan kulit cangkang melinjo sehingga mempercepat produksi biji kacang melinjo serta mendapatkan hasil yang maksimal. Metode yang dilakukan pada rancangan penelitian ini adalah metode Eksperimental yaitu tahap awal merancang mesin pengupas kulit cangkang melinjo dengan menggunakan auto CAD. Kemudian membangun mesin dibengkel berdasarkan desain yang telah dilakukan sebelumnya. Proses tahapan auto cad merupakan proses penggambaran sebuah mesin kemudian menganalisa setiap komponen-komponen yang digunakan pada peracangan pengupasan kulit cangang melinjo. Dengan demikian diharapkan hasil dari proses pengupasan kulit cangkang melinjo ini dapat mempersingkat waktu pengupasan dan mempercepat produksivitas biji kacang melinjo.

References

[2] Hidayat, D., Triatmodjo, M. C., & Ansyori, A. (2018). Modifikasi Mesin Pengupas Kulit Luar Buah Melinjo Model Rol Gerigi Dengan Penambahan Silinder Pengupas Dan Saluran Keluar Untuk Pemisah Kulit Dan Biji Kapasitas 75 Kg/Jam. Jurnal Mahasiswa Teknik.

[2] Hutauruk, A. P., Sitompul, S., & Naibaho, W. (2022). Rancang Bangun Mesin Pemecah Kemiri Tipe Double Roll dengan Daya 0, 5 Hp (Pengaruh Jarak Roll terhadap Persentase Pecah Biji Kemiri). Jurnal Pendidikan dan Konseling.

[3] Arkha, A., Atmodjo, T., & Noviyanto, E. (2017). Perancangan Mesin Pengupas Kulit Luar Buah Melinjo Model Roll Gerigi Kapasitas 120 Kg/Jam. Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains.

[4] Dhafir, M., Zulfahrizal, Z., Fadhil, R., Safrizal, S., & Mutiawati, M. (2021). Rancang Bangun Alat Pemipih Emping Melinjo (Gnetum gnemon) Tipe Mekanis. Jurnal Rona Teknik Pertanian.

[5] Iqbal, M., Darmein, D., & Mawardi, I. (2022). Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Melinjo Dengan Daya 1 Hp. Jurnal Mesin Sains Terapan.

[6] Khafidh, M. (2014). Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Biji Melinjo Untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Teknoin. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin.

[7] Purwanto, R. E., Faizin, A., Mashudi, I., Cipta, H., Press, P., & No, J. S. H. (2016). Elemen mesin 1. Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema).

[8] Simangunsong, J., Sitompul, S., & Purba, J. S. (2022). Pengaruh Variasi Diameter Puli pada Mesin Pemecah Kemiri Tipe Double Roll Dengan Daya 0, 5 Hp. Jurnal Pendidikan dan Konseling

[9] Sularso dan Suga, K. 1987. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : P.T. Pradnya Paramita

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Purba, J. S., & Sianturi, T. (2023). RANCANG BANGUN MESIN PENGUPAS KULIT CANGKANG MELINJO DENGAN DAYA 0,5 HP. Jurnal Teknik Mesin Cakram, 6(2), 99–105. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTC/article/view/40074

Issue

Section

Articles