Analisa Kegagalan Sistem Pengereman Pada Kampas Rem Mobil Tipe SUV Studi Kasus Kendaraan 2500 CC
Keywords:
Kampas Rem, Analisa Kegagalan, Sistem Pengereman, Asbestos, Mobil tipe SUVAbstract
Analisa kegagalan sistem pengereman pada kampas rem mobil tipe suv studi kasus kendaraan 2500 cc. Kegagalan sistem pengereman merupakan permasalahan serius pada sebuah kendaraan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pengereman maupun terjadinya kecelakaan sehingga perlu segera dicari penyebabnya. Oleh karena ini penelitian ini penting untuk dilakukan guna melakukan analisa terhadap kegagalan sistem pengereman mobil tipe SUV studi kendaraan 2500 cc. Metode yang digunakan adalah dengan menguji kekerasan serta uji visual menggunakan mikroskop optic pada permukaan kampas rem. Dari hasil uji kekerasan diperoleh nilai rata rata kekerasan kampas rem yang mengalami kegagagalan sistem pengereman sebesar 11.69 HV, sedangkan yang tidak mengalami kegagalan adalah 7.35 HV. Dari uji visual, permukaan kampas rem yang mengalami kegagalan sistem pengereman lebih halus dibandingkan dengan kampas rem yang tidak mengalami kegagalan sistem pengereman.
References
[1] Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. “Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian”.
[2] Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 2019. “Penyebab Kecelakaan Transportasi di Indonesia”.
[3] Abu Jabir Achmad Kumaini, A. J. A. K. (2019). Analisa Perbedaan Laju Keausan Kampas Rem Depan Original Dengan Imitasi Pada Kendaraan Isuzu Panther Tbr 541. Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
[4] Asri, A., & Darmanto, D. (2018). Analisa Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Material Kampas Rem. Majalah Ilmiah Momentum, 14(2).
[5] Oka, A. A. (2018). Analisa Studi Kasus Sistem Rem Mobil Hemat Energy Shell Eco Marathon Asia Emisia Borneo 01.
[6] Hafidz, D. (2016). Gaya Tekan Pad Rem Terhadap Disk Rotor Pada Kendaraan Mini Buggy. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur Unj, 3(1), 29-34.
[7] Setiyono, R. (2016). Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck. Universitas Muhammadiyah Surakarta,
[8] Mitsubishi. (2020). Manual Book Sistem Pengereman
[9] Sukamto. (2016). Pengaruh Komposisi Struktur Bahan Pada Perambatan Panas Pada Kampas Rem Sepeda Motor. Universitas Janabadra.
[10] Feist, J. (2016). Finite Element Modeling Of Brake Pad Materials Performance. Rensselaer Polytechnic Institute Harford, Connecticut.
[11] Arif, S., Irawan, D., & Jainudin, M. (2019). Analisis Sifat Mekanis Perbandingan Campuran Komposit Serbuk Gergaji Kayu Jati Dengan Matrik Epoxy Untuk Material Kampas Rem Cakram. Jurnal Technopreneur (Jtech), 7(2), 58-63.
[12] Mubarrok, M. (2016). Pengaruh Ukuran Serbuk Kuningan Terhadap Ketahanan Aus, Koefisien Gesek, Dan Kekerasan Kampas Rem. Universitas Muhammadiyah Surakarta,
[13] Supriyanto, S., & Waluyo, B. (2016). Pengujian Performa Kampas Rem Non Asbes Variasi Calcium Carbonate Dengan Perekat Phenolic Resin. Universitas Muhammadiyah Surakarta,
[14] Prayoga, B. D., Purnomo, H., & Bisono, F. (2017). Perancangan Dan Analisis Sistem Pengereman Hydraulic Pada Mobil Minimalis Roda Tiga. Paper Presented At The Proceedings Conference On Design Manufacture Engineering And Its Application.
[15] Upara, Nafsan., & Laksono, B.T. (2019). Analisis Komparasi Kualitas Produkkampas Rem Cakram Antara Original Dengan After Market. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Srengsesng Sawah Jagakarsa, Jakarta, Indonesiamobileupdate.Net. (2020). Rem Cakram Mobil Bagian Depan
[16] Sumiyanto, Abdunnaser, Achmad Noor fajri (2019). Analisa Pengujian Gesek, Aus dan Lentur pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor. Jurnal Bina Teknika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kusdi Prijono, Natasya Nurul Umi Halimah, Muhammad Awwaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.