Analisa Kegagalan Sistem Pengereman Pada Kampas Rem Mobil Tipe SUV Studi Kasus Kendaraan 2500 CC

Authors

  • Kusdi Prijono Department of Mechanical Engineering, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan; National Research and Innovation Agency, Tangsel
  • Natasya Nurul Umi Halimah Department of Mechanical Engineering, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Muhammad Awwaluddin Department of Mechanical Engineering, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan; Research Center for Structural Strength Technology, National Research and Innovation Agency, Tangsel

Keywords:

Kampas Rem, Analisa Kegagalan, Sistem Pengereman, Asbestos, Mobil tipe SUV

Abstract

Analisa kegagalan sistem pengereman pada kampas rem mobil tipe suv studi kasus kendaraan 2500 cc. Kegagalan sistem pengereman merupakan permasalahan serius pada sebuah kendaraan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pengereman maupun terjadinya kecelakaan sehingga perlu segera dicari penyebabnya. Oleh karena ini penelitian ini penting untuk dilakukan guna melakukan analisa terhadap kegagalan sistem pengereman mobil tipe SUV studi kendaraan 2500 cc. Metode yang digunakan adalah dengan menguji kekerasan serta uji visual menggunakan mikroskop optic pada permukaan kampas rem. Dari hasil uji kekerasan diperoleh nilai rata rata kekerasan kampas rem yang mengalami kegagagalan sistem pengereman sebesar 11.69 HV, sedangkan yang tidak mengalami kegagalan adalah 7.35 HV. Dari uji visual, permukaan kampas rem yang mengalami kegagalan sistem pengereman lebih halus dibandingkan dengan kampas rem yang tidak mengalami kegagalan sistem pengereman.

References

[1] Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. “Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian”.

[2] Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 2019. “Penyebab Kecelakaan Transportasi di Indonesia”.

[3] Abu Jabir Achmad Kumaini, A. J. A. K. (2019). Analisa Perbedaan Laju Keausan Kampas Rem Depan Original Dengan Imitasi Pada Kendaraan Isuzu Panther Tbr 541. Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[4] Asri, A., & Darmanto, D. (2018). Analisa Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Material Kampas Rem. Majalah Ilmiah Momentum, 14(2).

[5] Oka, A. A. (2018). Analisa Studi Kasus Sistem Rem Mobil Hemat Energy Shell Eco Marathon Asia Emisia Borneo 01.

[6] Hafidz, D. (2016). Gaya Tekan Pad Rem Terhadap Disk Rotor Pada Kendaraan Mini Buggy. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur Unj, 3(1), 29-34.

[7] Setiyono, R. (2016). Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

[8] Mitsubishi. (2020). Manual Book Sistem Pengereman

[9] Sukamto. (2016). Pengaruh Komposisi Struktur Bahan Pada Perambatan Panas Pada Kampas Rem Sepeda Motor. Universitas Janabadra.

[10] Feist, J. (2016). Finite Element Modeling Of Brake Pad Materials Performance. Rensselaer Polytechnic Institute Harford, Connecticut.

[11] Arif, S., Irawan, D., & Jainudin, M. (2019). Analisis Sifat Mekanis Perbandingan Campuran Komposit Serbuk Gergaji Kayu Jati Dengan Matrik Epoxy Untuk Material Kampas Rem Cakram. Jurnal Technopreneur (Jtech), 7(2), 58-63.

[12] Mubarrok, M. (2016). Pengaruh Ukuran Serbuk Kuningan Terhadap Ketahanan Aus, Koefisien Gesek, Dan Kekerasan Kampas Rem. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

[13] Supriyanto, S., & Waluyo, B. (2016). Pengujian Performa Kampas Rem Non Asbes Variasi Calcium Carbonate Dengan Perekat Phenolic Resin. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

[14] Prayoga, B. D., Purnomo, H., & Bisono, F. (2017). Perancangan Dan Analisis Sistem Pengereman Hydraulic Pada Mobil Minimalis Roda Tiga. Paper Presented At The Proceedings Conference On Design Manufacture Engineering And Its Application.

[15] Upara, Nafsan., & Laksono, B.T. (2019). Analisis Komparasi Kualitas Produkkampas Rem Cakram Antara Original Dengan After Market. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Srengsesng Sawah Jagakarsa, Jakarta, Indonesiamobileupdate.Net. (2020). Rem Cakram Mobil Bagian Depan

[16] Sumiyanto, Abdunnaser, Achmad Noor fajri (2019). Analisa Pengujian Gesek, Aus dan Lentur pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor. Jurnal Bina Teknika.

Downloads

Published

2025-02-17

How to Cite

Prijono, K., Halimah, N. N. U., & Awwaluddin, M. (2025). Analisa Kegagalan Sistem Pengereman Pada Kampas Rem Mobil Tipe SUV Studi Kasus Kendaraan 2500 CC. Jurnal Teknik Mesin Cakram, 7(1), 1–7. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTC/article/view/47876

Issue

Section

Articles